Sabtu, 14 Juni 2014

[REVIEW] Surat Untuk Ruth


Penulis            : BERNARD BATUBARA
Penerbit          : GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA.
Editor             : SISKA YUANITA.
Desain Cover : MARCEL AW.


Novel Surat Untuk Ruth, adalah Novel ketiga sekaligus buku keenam yang di buat oleh penulis muda berkarakter, yaitu Bernard Batubara. Bernard Batubara adalah salah satu penulis idola gue. Dari semua penulis-penulis idola, cuma dia satu-satunya, penulis idola yang menerbitkan buku Romace. Selain itu, semuanya Komedi.

Surat Untuk Ruth, adalah novel ketiganya. Novel Surat Untuk Ruth, berkisah tentang seorang pemuda, yang bernama Areno andamar, yang sangat menyukai dan mencintai seorang gadis, yang memiliki wajah bulat dan rambut panjang kemerah-merahan, yang bernama Ruthefia Milana. Tapi biasanya are memanggilnya dengan sebutan, Ruth.

Awalnya, saat gue beli buku ini, gue teringat dengan teman-teman di Twitter, yang pernah bilang, kalo setiap orang yang ngebaca buku ini, pasti bakal mengeluarkan air mata. Gue sebagai orang yang gak gampang di buat nangis, kecuali pas di sunat, dan di putusin, enggak percaya sama sekali, ama omongan temen gue itu. 

Tapi kampretnya, pas gue baca tuh buku. Enggak ada ujan, gak ada angin, gue pun mengeluarkan air mata. Aneh, tapi itu nyata. Bab yang paling gue demen, adalah bab Pada Pantai Rahasia. Bagi gue, bab itu penuh dengan pertanyaan. Awalnya gue pikir, di sebuah kanvas yang ada bercak darah, itu karena si Ruth penyakitanan. Dan endingnya, dia bakal meninggalkan Are untuk selamanya, karena meninggal dunia. Nyatanya gue salah.

Di buku itu juga gak hanya di senter sosok Are dan Ruth saja. Ada juga karakter pendukung, seperti Ayudita, Bli Nugraha, dan Abimanyu. Emosi gue sepenuhnya tertuju kepada Abimanyu. Abisnya dia TMT banget sih jadi orang. Emang dia pikir, yang ganteng cuma dia ama Are doang, gue juga ganteng.

Sebaliknya, gue malah paling demen ama tokoh yang bernama Bli Nugraha. Anehnya, harusnya kan gue mengidolakan pemeran utamanya, si Are. Alasan kenapa gue demen banget ama Bli Nugraha. Soalnya dia memiliki karakter dan sifat yang sebelas dua belas ama gue. Kenapa dengan sifat dan karakter Bli Nugraha ? Makanya beli bukunya, di gramedia-gramedia kebencian anda.

Buku Surat Untuk Ruh juga, adalah satu-satunya buku Romace yang di pajang di lemari buku gue. Sebab, semua buku yang di pajang di rak buku gue, itu adalah buku komedi semua.

Novel ini berhalaman sampai dengan halaman 165. Sangat amat tipis, bagi buku-buku romace. Jadi gue yakin, buku ini bisa menjadi teman kalian sehari-hari. Kalo lagi BT gak ada kerjaan, dari pada fap-fap, mendingankan baca buku ini. Selain mengurangi dosa karena gak jadi fap-fap, juga bisa mendapatkan rasa Nyesek yang amat sangat.

Dan satu lagi, gue ingetin. Kalo kalian udah atau mau membeli buku ini, dan sudah siap untuk membacanya. Gue harapkan untuk segera menyiapkan tisu. Ya gak usah banyak-banyak sih, miniman satu karduslah.

Oiya satu lagi, gue dapet kabar dari bang bara melalui akun twitternya, katanya Novel Surat Untuk Ruth, itu bakal di filmkan. Pemeran dan tanggal mulai syuting sih, belom di kasih tau. Tapi gue punya usul, mendingan yang meranin Are itu, bang bara sendiri. Dan yang jadi Ruth itu, si acha septriansah. Yang jadi Ayudita, itu Eriska rain. Abimanyu, Raditya Dika. Nah kalo Bli nugraha, gak usah capek-capek nyarilah. Gue aja. Ye bang ye ?! Gue juga bisa ekting lho bang ! *Maksa*

Sebenernya postingan ini, beda dengan postingan-postingan gue yang lain. Ini lebih gue anggap, sebagai PR. Sebab, waktu malem apa gitu, gue lupa, gue pernah nge-tweet ke bang bara. Untuk ngasih tau, kalo novelnya udah selesai gue baca, setelah 1 bulan lebih. Dan gue berjanji, buat ngebuat reviewnya di azizkerenbanget.blogspot.com. Dan kalian tau apa balesannya ?

Aaaaa aku di bales ama penulis Idolaaaaaaa !!!
Nah gue gak mau bang bara kelamaan menunggu dong. Makanya gue buat nih sekarang Reviewnya. Tapi maaf, kalo reviewnya kurang komplit. Maklum, belom berpengalaman.

Yang pasti, review ini gue persempahkan buat bang bernard batubara. Jangan lupa komen yang bang. Dan yang pasti, buat para pembaca blog gue yang setiap. Gue gak akan selalu bisa ngeblog, tanpa kalian semua. I Love You All. Terima kasih buat kalian semua. Oiya lupa. BELI BUKU SURAT UNTUK RUTH, DI GRAMEDIA-GRAMEDIA KESAYANGAN ANDA. SELAMAT MEMBACA DAN SELAMAT KEHILANGAN.

Sebagai penutup, ini gue kasih salah satu tulisan di buku surat untuk ruth, yang paling gue demen.

"Kami ditakdirkan untuk tidak bersama. Walau kami mungkin bisa saling mencinta.- Bli Nugraha.

Bye.

4 komentar:

  1. Nama editornya sama kyk gue! *salah fokus*
    Jadi pengin beli ih. Udah lama ga beli novel romance. Kira-kira di Bali udah ada belum ya?

    BalasHapus
  2. Hahah, makasih ya siska, atas kunjungan baliknya.

    Di bali ada kok. Eh, bilangin ya ama temen-temen lo, yang sering baca blog juga. Bilang, sering2 maen ke blog gue.

    BalasHapus
  3. makasih reviewnya. sudah saya baca. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bang. Makasih juga, udah baca postingan gue. Sering-sering main ke sini ya bang. Kali aja bisa menghibur abang, dengan postingan gue yang keren-keren. Yegak.

      Hapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.