Sabtu, 29 November 2014

[REVIEW] Buku Martabak Asam Manis

Aduhh, akhirnya gue bisa juga nulis Review buku ini. Jadi gini, tepatnya 1 Bulan yang lalu, gue dan temen gue Lucky, pergi ke toko buku. Niatnya dari rumah, gue mau beli buku Sabtu Bersama Bapaknya Adhitya Mulya. Tapi pas sampe Gramedia, eh bukunya udah gak ada. Ya kayanya sih udah abis tuh, soalnya bukunya bagus banget sih.

Nah, karena gak mau rugi dan merasa capek di jalan doang. Gue mencoba mencari buku lain, buat gue beli, yang harus sama-sama bagus kualitasnya, kaya bukunya Kang Adhitya Mulya. Tiba-tiba, dari kejauhan gue melihat sebuah cahaya yang sangat begitu terang, dan secara tiba-tiba, Buku Martabak Asam Manis Karya bang Fico mental ke wajah gue. Gue kaget, gue seperti abis dapet Mukjizat dari tuhan. Yaudah, merasa karna gue sudah mendapatkan pertunjuk. Jadinya tanpa berpikir panjang, gue ambil dan gue beli tuh buku.

Dan anehnya lagi, gue ngebaca itu hanya sehari. Iya bro, sehari. Gue baca dari Sabtu sore, selesai Sabtu malem. Tepatnya jam 02.00 pagi, gue selesai tuh bacanya. Nah, dari situ kendala untuk membuat Review dateng. Saat gue uda selesai, tepatnya jam dua pagi. Gue buka labtop, niat gue mau buat Review nih buku. Eh, tiba-tiba Kuota gue abis. Yaudah, gue batalin deh.



Nah dari situ, setiap gue mau buat nih Review, gue selalu ada alesannya. Selain itu juga, saat gue ingin membuat sebuah Review, ada aja IDE postingan yang menurut gue pribadi lebih penting di dahuluin. Jadinya, berhubung sekarang gue lagi ada waktu. Yaudah, gue buat nih Review. Okeh, langsung aja di simak, Review Buku Martabak Asam Manis Karya Fico Fachriza,cekidotdot.
Novel Martabak Asam Manis
Penulis : Fico Fachriza
Editor : Moh. Rido
Proofreader : Syafial Rustama & Funny D.R.W
Layout : Irene Yunita
Desain Sampul : Gita Mariana
Foto Sampul : Sardo. M
Halaman : 177
Harga : 42.000
Penerbit : Bukune

***
Saat gue menutup halaman terakhir dari buku ini, gue hanya bisa mengucapkan kata, "Oh gitu". Yaps, buku Martabak Asam Manis adalah buku yang menceritakan kisah nyata dari si penulis, yaitu Fico. Yang tidak lain dan tidak bukan, adalah seorang Komika handal. Dia juga adalah Juara kedua Stand Up Komendi Kompas 3.

Di Bab pertama, Fico menceritakan, kalo dia ingin mencari teman waktu dia masih SMP. Karena waktu dia masih SMP, dia sangat susah mencari teman. Bahkan, saat dia yang mau ngerumah temannya, temannya yang gak ngasih.

Yang gue salut dari buku ini, adalah karna gue merasa, kalo buku ini beda dengan buku-buku personal lainnya. Fico kaya seorang penulis pemuda, yang mempunyai keunikan dan ciri khas yang berbeda. Bayangin sob, inikan buku Personal, jadi ini buku menceritakan pengalaman-pengalaman Fico ketika dulu. Tapi uniknya Fico menceritakannya kaya buku Fiksi. Berjalan gitu. Kaya alur ceritanya. Pokoknya susah deh di jelasin lewat kata-kata maupun tulisan. Mendingan kalian beli dan baca sendiri tuh bukunya.

Lawakannya juga gak keliatan maksa di buku ini. Ya, sama deh, kaya bukunya Raditya Dika. Lawakannya itu berjalan begitu saja, tanpa di paksa-paksa dengan bahasa Absurd, kaya penulis yang itu-tuh. Gaya tulisannya juga beda banget dari penulis-penulis lain. Pokoknya bang Fico itu antri Mainstrem deh.

Di buku itu, Fico juga menceritakan awal dia masuk ke Suci 3. Dari audisi sampai dia bisa masuk ke final. Buku ini sebenernya gak pantes, buat di kategorikan buku Komedi. Karna sejujurnya buku ini random. Ada Lucu dan kampretnya, ada sedihnya, ada juga hal-hal yang harus kita ambil dari buku ini. Gue aja gak nyangka, tampang dongo kaya Fico gitu, bisa membuat buku sebijak dan sekeren ini. Hebat lo bang.

Udah, kayanya itu aja yang bisa gue Review dari bukunya Bang Fico. Bukannya karna pengen cepet selesai. Tapi kalo gue banyak bacot, nanti takutnya salah. Mendingan kaya baca sendiri aja tuh buku, dan kalian bikin Review versi kalian sendiri, dari buku ini.

Untuk akhir kata. Gue bisa ngucapin selamat buat bang Fico, karna dia sudah berhasil membuat buku sekeren Martabak Asam Manis. Gue tunggu buku-buku lo yang lain bang. Dan yang belom beli, cepetan beli. Jangan sampe nunggu cetakan kedua dan ketiga. Karna belom tentu, cetakan kedua dan ketiga datang :D

Bye.

10 komentar:

  1. Balasan
    1. Makasih Gam. Akhirnya komen juga nih orang :V

      Hapus
  2. Ah gue belum beli ini buku. Beliin gue bisa kali :D

    BalasHapus
  3. Jadi pengin beli buku itu nih.. :D

    BalasHapus
  4. Fico bijak banget, apalagi di blog personalnya :3

    BalasHapus
  5. Emang dah, di bukunya Fico yang ini mantap banget tulisan bang Fico. Di awal emang kampret banget, makin naik bab, layaknya hidup, asam manisnya mulai banyak, gak cuma kampret melulu. Apalagi bahasa Fico yang mengalir, keren!

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.