Jumat, 27 Juni 2014

Kebiasaan Unik yang terjadi di awal Ramadhan

Enggak terasa, bulan Ramadhan udah mau ketemu lagi ama kita. Tepatnya hari minggu nanti, 1 Ramadhan tiba. Dan kita di wajibkan, untuk menjalankan Ibadah Puasa. Yang bikin gue ngakaknya, jadwal Sholat terawih perdananya itu, di mulai saat Malam Minggu.

Kan gak kebayang. Ketika dua sejoli sudah janjian buat nongkrong di fly over. Tiba-tiba emak dan bapaknya nyuruh sholat terawih. Udah gitu. Selama bulan puasa, kita harus menahan segala hal. Menahan rasa lapar, sampai menahan nafsu sahwat. Kan kasian, buat orang yang pacaran, yang selalu mesum. Harus nunggu satu bulan, baru bisa mesum kembali.

Nah, berhubung karena Bulan Ramadhan sudah mau tiba. Gue seperti biasa, sudah merangkum 5 Hal. Yang terjadi, di awal ramadhan. Ada yang gue alami pribadi, ada juga yang temen gue, yang mengalaminya. Oke, tanpa berlama-lama. Langsung aja. Cekidotdot.


1. Puasanya Dulu-duluaan.

Baru tadi sore, kita melihat sidang isbat. Biasanya, di sidang itu, akan di putuskan. Kapan awal 1 Ramadhan jatoh, dan siapa duluan yang mulai berpuasa.

Islam MUI, atau Islam Muhamadiah. Nah, tadi sih, kata Menteri Agama. Puasa bagi Islam MUI akan jatoh pada hari Minggu, tanggal 29 Juni 2014. Sedangkan buat Islam Muhamadiah, puasanya mulai besok. Tepatnya pada tanggal 28 Juni 2014.

Sebenernya sih gue juga sebel, ama perbedaan ini. Setiap mau ramadhan, pasti main dulu-duluan puasanya. Dan biasanya sih, selalu Muhamadiah yang menang. Dan bakal Puasa duluan. Dan udah puasa duluan, terkadang mereka lebarannya juga duluan. Hahah. Lucu.



2. Makan enak di sahur perdana.

Hayo siapa yang sahurnya nanti pake ini ?!
Tadi Nyokap gue beli ayam di pasar. Katanya buat sahur hari pertama. Dari dulu, Nyokap selalu membuat makanan-makanan yang enak, untuk sahur pertama. Tahun lalu gue masih inget, sahur pertamanya itu pake daging sapi dan kambing. Nah tahun ini, Nyokap masak ayam goreng. Buat sahur perdana nanti malam minggu.

Dan sepertinya, itu bukan keluarga gue aja deh yang ngerasain. Kayanya semua keluarga di indonesia. Pasti kalo sahur perdananya. Masak masakan yang mewah-mewah dan mahal-mahal dan enak-enak.

Gue pribadi juga heran. Kenapa ya bisa begitu. Padahal nanti, di sahur ke dua dan berikutnya. Masakannya paling itu-itu aja. Kalo gak ikan asin, ya nasi di kasih garem biar asin. Tapi mungkin aja, itu Tradisi warga indonesia.



3. Masjid rame di hari pertama terawih.


Ini udah menjadi rahasia umum. Pasti di hari pertama Sholat terawih. Tuh jamaah ada yang keluar-keluar masjid, demi sholat terawih. Malah ada yang saking ramenya. Di tempat dia solat, dua kilo ada masjid. Saking ramenya.

Padahal nanti juga, pas udah mau lebaran. Di masjid cuma ada imam, ama tiga orang jamaah. Yang lain. Pada asyik tidur, atau apapun itu. Nah ini sama juga kaya nomer dua. Ini hanyalah Tradisi sementara.



4. Wacana gak mau maksiat.

Pertama-tama, gue pengen ngasih tau ke kalian. Apa yang di maksud dengan Wacana. Wacana adalah sebuah niat, atau rencana, untuk segera di perbuat. Kaya contohnya. Gue punya Wacana buat macarin Nabilah JKT48. Tandanya, gue bakal berusaha keras, buat pacaran ama Nabilah JKT48.

Nah biasanya, di awal Ramdhan. Orang bakal bertubi-tubi, berwacana buat enggak berbuat Dosa. Tapi hanya wacana. Akhirnya, satu minggu setelah itu. Mereka tetep juga bakal berbuat maksiat. Malah ada yang sengaja gak berpuasa. Padahalkan, Puasa di bulan Ramadhan itu wajib.


5. Maen petasan.




Tetangga di deket rumah gitu itu, punya anak kecil. Kira-kira umurnya ya, sekitar enam tahun lah. Nah, udah seminggu ini, dia setiap malem selalu nyalahin petasan. Sampe-sampe menggangu tetangga.

Biasanya, kalo mau Ramadhan. Anak-anak pasti bakal nyalahin petasan. Tapi anehnya, di tengah-tengah bulan puasa. Mereka semua malah diem sendiri, dan gak mau nyalahin petasan lagi. Nyalahin lagi, pas udah lebaran. Sama seperti nomer 2 dan 3. Ini juga hanyalah Tradisi.



Selamat menunaikan Ibadah Puasa bagi yang besok, udah menunaikannya. Harapan gue sih. Puasa kali ini, bener-bener puasa yang paling indah. Sebab baru pertama kali. Di bulan puasa, ada piala dunia, dan pemilu.

Udah ye. Udah malem. Jangan lupa, abis baca postingan ini, komen, baru deh tidur. Oiya hampir lupa. Bagi kalian yang punya Kebiasaan Unik yang terjadi di awal Ramadhan versi kalian sendiri. Silakan share di komen box bawah.

Bye.


6 komentar:

  1. di tempat saya kebanyakan anak kecil banyak yang main petasan dan itu cukup menyesalkan

    BalasHapus
  2. Nomor dua emang tradisi warga Indonesia, tapi ga berlaku buat anak kos tuh. Haha.

    Salam kenal ya. Visit blog aku juga ya http://kaoskakibussuk.blogspot.com ehehe

    BalasHapus
  3. Oh, Anda anak kost. Kirain kagak, baru mau gue tembak.

    Gak jadi deh.

    BalasHapus
  4. Untungnya di sekitar rumah gue,
    nggak ada yang main petasan lagi.
    Aah, puasa jadi tenang-tentram.. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus deh kalo begitu. Rumah gue juga kagak. Itu tandanya kita jodoh.

      Begimana kalo kita jadian ?!

      Hapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.