Sabtu, 05 April 2014

Tipe-tipe caleg saat kampanye.

Aduhhh lama banget gue kagak ngeblog. Ya maklumlah, gue sedang sibuk ngerjain deadline buku gue, yang sampe sekarang belom selesai juga. Padahal deadline gue hari ini, tapi sekarang baru sampe 60 halaman. Tergetnya kan 100. Berarti tinggal 40 halaman lagi yang harus gue selesain. Dan itu tandanya lagi, gue harus minta perpanjangan deadline lagi.

Nah sebenernya dari kemaren gue pengen nge-blog. Tapi gue bingung, mau bahas tentang apa di blog.

Tapi alhamdulilah, tadi pagi pas gue nyokap dan bokap cari sarapan, eh gue langsung menemukan inspirasi dan IDE untuk menulis blog.

From by : Kata Aab


Yak benar, hari ini gue pengen ngeshare ke kalian, dan memberitahukan kepada kalian, tipe-tipe caleg saat kampanye. Jadi asal kalian tau, caleg itu ada tipe-tipenya. Bukan hanya pemilih aja yang ada tipe-tipenya, tapi caleg juga ada, tetapi saat kampanye.

Tanpa banyak bacot, dan lama-lama, langsung aja kita bersama simak. Cekidodot :



1. Caleg maksiat.

Caleg maksiat biasanya saat kampanye, banyak menggunakan bahan-bahan maksiat. Kaya misalnya dangdut.

Banyak banget, caleg jaman sekarang yang kampanye, tapi nyewa jasa dangdut. Kalo penyanyi dangdutnya artis si gagapah. Ini nyewa penyanyi dangdutnya penyanyi yang gak terkenal, terus berpakaiannya seronok banget lagi. Mau liat contohnya, nih :
Apa namanya kalo bukan maksiat ?!


2.Caleg pencitraan.


Caleg kaya gini, biasanya dia yang kampanyenya selalu blusukan ke pasar-pasar, rumah-rumah miskin, anak yatim, dan para janda-janda muda.

Biasanya hal itu dilakukan oleh sang caleg, hanya untuk mendapatkan perhatian oleh sang masyarakat. Biasanya juga dia bakal memberi barang-barang, yang ada di pasar tersebut, dengan senang hati dan iklas.

Tapi nanti kalo seandainya dia sudah kepilih menjadi aggota legeslatif, dan udah menjadi wakil rakyat yang kaya. Boro-boro dia mau kepasar, ke super market aja gak mau, nyuruh bodigatnya.


3. Caleg maksa.


Ngasih duit, ngasih satu dus mie, adalah kebiasaan caleg tipe ini. Atau bahasa kasarnya adalah "Nyogok".

Nyogok sama juga kaya maksa kan. Dia memaksa kita, untuk memilihnya, dengan cara ngasih duit ke kita, supaya kita yakin, bahwa dia bisa menghidupkan kita. Kalo menurut gue, mendingan gak usah deh, milih caleg yang kaya begitu. Bagus dan seneng di depannya doang, dibelakangnya malah nyesel dan sengsara.


4. Caleg Absurd.


Caleg tipe kaya gini, adalah caleg yang kampanye unik-unik, tapi gak masuk akal. Kaya contohnya, kemaren gue denger dan melihat, ada  caleg yang kampanye dengan maen sulap.

Jadi tuh caleg naek motor gudbek atau motor beroda 4, dengan menutup pala sambil muter-muter kampanye. Saat gue selidiki, ternyata memang tuh caleg emang pesulap.

Tapi kalo menurut gue, caleg yang kaya begitu jangan dipilih deh. Mereka hanya menang unik dan beda doang, dari para caleg yang laen. Karena sekali lagi, dia cuma menang unik doang, karya dan usaha, belom tentu.


5. Caleg Normal.


Dari semua tipe-tipe caleg, yang pantes di coblos dan di pilih adalah tipe caleg kaya gini. Caleg tipe kaya gini, adalah tipe caleg yang normal, peduli gak hanya saat kampanye, tetapi saat sudah menjadi anggota legeslatif.

Meskipun dari semua caleg yang sekarang calonin jarang yang bertipe ini, tapi gue yakin, pasti dari 15 partai, ada yang benar-benar tulus beripe seperti ini.



Mungkin cuma ini yang bisa gue sampaikan pada kesempatan hari ini. Pesan gue cuma satu, jadilah pemilih yang cerdas dan bijaksana. Jangan menjadi pemilih yang bego dan tolol, yang mau menyoblos, hanya karena di sogok.

Mungkin ini aja yang bisa gue sampaikan di pagi hari ini. Gue mau istirahat dulu, mau lanjut nulis buku lagi. Daaaaahhhh, sampai ketemu di post-post berikutnya. Dan tidak lupa, kalo kalian punya tipe caleg versi kalian sendiri, silakan share di komen box bawah.

Bye.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.