Sabtu, 20 September 2014

Sebuah pertanyaan untuk pembaca

Waktu itu masih pertengahan tahun 2013. Kala itu gue belom tau jati diri gue. Tapi gue udah tau, dimana jati padang. Dari kecil, sampai saat itu, gue udah sering gonta ganti cita-cita. Dari ingin menjadi tukang ojek, sampai ingin menjadi pemain bola kawakan.

Raditya Dika. Dulu adalah orang yang gue kenal sebagai komika indonesia. Serta pencetus terbentuknya Stand Up di Indonesia. Pikir gue kala itu.

Dulu, setiap hari, setiap pulang sekolah, gue selalu membuka Google, untuk mencari tau tentang Idola gue. Dari dalem, sampai luarnya Raditya Dika. Hingga pada akhirnya, gue membuka Wikipedia. Dan mencoba mencari tahu tentang Raditya Dika lewat Wikipedia.

Dari situlah gue baru kenal Raditya Dika. Raditya Dika adalah seorang penulis buku, aktor, dan Stand Up Komedian. Dan entah kenapa, setelah gue kenal lebih jauh tentang Raditya Dika. Gue seperti jatuh cinta dengan perkerjaan yang dia lakukan selama ini. Yaitu menjadi Penulis.

Gue pun mencari tau kembali tentang Raditya Dika. Kali ini dengan memakai Socmed. Iya. Gue Follow Akun Twitternya Raditya Dika. Kebetulan Waktu itu dia sedang promosi Film Cinta Brontosaurus. Dan yang katanya, itu adalah sebuah Film Adaptasi dari bukunya.

Tanpa berlama-lama lagi, saat itu gue langsung terbang ke Gramedia, untuk mencari buku Cinta Brontosaurus. Menurut gue, sebelom menonton Film yang di adaptasi dari sebuah buku, mendingan kita baca dulu bukunya.

Sesampainya di sana. Gue melihat banyak banget judul buku yang di tulis oleh Raditya Dika. Dari Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon. Iya, saat itu buku Babi Ngesot udah gak ada. Mungkin sudah terlanjut abis. Dan entah kenapa, pilihan gue jatoh (selain ke buku Cinta Brontosaurus yang jadi alasan kenapa gue ke Gramedia) Kambing Jantan. Akhirnya hari itu, gue resmi membeli buku Kambing Jantan, dan Cinta Brontosaurus.

Sampe di rumah. Pilihan pertama untuk gue baca, adalah Kambing Jantan. Karena menurut artikel yang udah gue baca, buku Kambing Jantan duluan lahir daripada Cinta Brontosaurus. Setelah gue baca dan baca. Akhirnya gue tau, apa itu Blog. Dan apa itu Blogger.

Kembali lagi ke awal. Karena gue udah mulai jatoh cinta pada dunia Penulisan. Gue pun berniat untuk membuat sebuah Blog. Awalnya gue memang agak susah buat ngebuat Blog. Soalnya dulu gue bener-bener gaptek soal Blog. Jangankan Blog. Masalah Subscibe dan Unsubcibe di Youtube aja, gue baru tau sekitar 3 Bulanan yang lalu. Jadinya saat itu gue bener-bener kebinguan dan stres. Untung gue gak jadi gila.

Gara-gara itu pula, gue jadi marah-marah gak jelas gitu. Memang itu udah jadi kebiasaan gue. Kalo seandainya gue gak bisa tentang sesuatu, pasti gue bakal marah-marah gak jelas. Yang bener gue salahain, yang salah, gue ancurin biar semakin jelek dan salah. Sungguh aklak yang kurag bagus.

Tapi karena gue enggak pantang menyerah. Akhirnya gue bisa juga membuat Blog. Blog gue itu yang pertama beralamat di aziz6969.blogspot.com. Masih bisa di buka kok, kalo kalian mau liat-liat. Dan dari situlah, gue mulai mencoba memulai kebiasaan baru gue. Yaitu menulis.

Tapi sudah hampir 3 Bulanan lebih gue nge-blog. Gue gak ngeliat kemajuan apa-apa dengan Blog itu. Komen sepi, bahkan enggak ada yang komen sama sekali. Startistik juga biasa-biasa aja. Naik-naik enggak-enggak. Karena gue merasa bahwa perkerjaan atau perbuatan gue dengan Blog selama ini enggak di hargai. Gue pun berhenti menulis Blog sejak itu. Dan gue pun mulai berani nekad, buat menulis naskah buku. Yang niatnya bakal gue kirimin ke penerbit.

Hampir 1 Bulanan gue bikin naskah buku, akhirnya naskah itu rampung. Gue mencoba mengirim naskah itu ke penerbit Bukune. Tapi sayangnya Naskah itu di tolak. Dan gue harus merevesi kembali. Dan dari situ, gue ketemu dengan Blognya Mas Alitt Susanto.

Dari situ, semangat Nge-Blog gue kembali berkobar. Akhirnya awal tahun 2014, tepatnya tanggal 9 Februari. Gue membuat Blog baru. Yang beralamat di azizkerenbanget.blogspot.com. Ya, Blog itu yang sekarang sedang kalian baca ini. Tentu, Blog ini berbeda gaya dengan Blog gue yang sebelomnya. Tujuan gue nge-blog untuk yang kedua kalinya ini, bukan untuk mendapatkan pembaca ataupun komenan. Tapi hanya untuk sekedar berbagai dan belajar untuk menulis yang benar. Karena pada akhirnya, gue pengen menggapai cita-cita utama gue. Yaitu ingin menjadi Penulis Novel.

Dan enggak dapet di sangka. Ternyata pembaca Blog ini sangat rame. Memang awalnya Postingan jarang ada yang komen, dan startistik juga biasa-biasa aja. Tapi setelah berjalan 2 Bulanan. Sekarang Blog gue sudah (alhamdulilah) rame. Sekarang, paling enggak, setiap postingan pasti ada yang komen. Meskipun itu hanya satu komenan. Tapi gapapa. Gue tetep seneng. Paling enggak, selama ini gue udah di hargai.

Tapi setelah gue udah di puncak-puncaknya sukses menjadi Blogger. Semangat untuk memerbitkan sebuah buku kembali berkobar. Dan maka itulah, tujuan postingan gue kala ini.

Tentu pembaca dan para Susbriber Blog gue ini adalah manusia. Bukan Anoniman. Sebelomnya gue pengen ngucapin makasih banget buat kalian, karena selama ini sudah komen di Blog. Karena setiap komen di postingan gue ini, adalah satu-satunya dorongan buat gue untuk terus nulis postingan di Blog ini.

Dan saat ini, kayanya sudah tepat. Gue pengen nanya ke kalian. Apakah gue pantas membuat sebuah novel ? Dan kalo seandainya itu semua terjadi, dan gue bisa menerbitkan sebuah buku. Apakah kalian membeli buku itu ?. Karena sejatinya. Buku tanpa pembacanya. Sama aja bohong.

Jikalau kalian menjawab "Iya". Saat ini juga, gue akan mulai menulis draft naskah 1. Tapi kalo kalian menjawab "Tidak". Gue bakal mengubur dalam-dalam cita-cita gue. Mungkin memang waktunya belom tepat.

Gue mohon, kalian semua menjawab pertanyaan itu di komen box bawah. Jawaban kalian, semua bakal gue terima, dan bakal gue masukin ke dalam hati gue. Yang indah, maupun yang jelek. Mungkin itu aja yang bisa dan dapat gue sampaikan pada saat ini. Kurang lebihnya mohon maaf. #SalamBloggerGanteng

Bye

9 komentar:

  1. Balasan
    1. "Iya" apa, nih ?! "Iya" kamu mau jadi pacar aku ? Atau "iya" kamu setuju kalo aku jadi Penulis ? :V

      Hapus
  2. Kamu harus bisa ziz.! Gue jawab ya. Dan gue do'akan naskah buku lu keterima ama penerbit (amiin) @andika_sj

    BalasHapus
  3. Siapapun berhak dan mempunyai peluang yang sama untuk membuat novel, semoga kedepannya ada nama kamu sebagai pengarang novel :-D

    BalasHapus
  4. Iyah, tulisan lo cocok sebagai penulis... Nonfiksi :/

    Maimpir kesini ya.. Rizkiabsurd.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iklan gak sih lo ngomong ya ? Kok pake Simbol gitu ? :( :V

      Hapus
  5. Harusnya kalo emang punya cita-cita jadi penulis, kejar terus. Jangan peduli sama jawaban orang. Emang cita-cita kamu bergantung sama org lain?

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.