Selasa, 30 September 2014

Kepercayan orang dulu yang Absurd dan kocak

Sebagai seorang anak yang dilahirkan di keluarga Betawi dan Sunda. Pasti bukan tidak mungkin, kalo gue sering di cerita-ceritakan dan di takut-takuti oleh kepercayan orang dulu, yang Absrud dan kocak. Kenapa gue bilang kocak, abis, kepercayaannya itu bener-bener gak masuk akal. Dan keluar dari nalar manusia.

Mungkin, kalo seandainya Ablet Enstien menyuruh berpikir atas hubungan-hubungan tentang kepercayan orang dulu. Palanya Enstien yang tadinya putih, secara tiba-tiba berubah menjadi hitam kembali. Karena Stres.

Dan berikut, sudah gue rangkm Kepercayan Orang Dulu Yang Absrud dan Kocak. Cekidotdot.


1. Ketawa mulu, besoknya Nangis

Waktu itu gue pernah ketawa, tentang sesuatu hal yang lucu gitu. Eh tiba-tiba Nyokap melotot ke arah gue, sambilng bilang "Ketawa mulu, besok nangis dah."

Ini maksudnya apa gitu. Mana ada orang, yang ketawa ngakak terus besoknya nangis. Berarti kalo gitu, Fansnya Raditya Dika, setiap hari nangis dong. Yang gue heran lagi, tuh kepercayaan nongol dari mana lagi. Bener-bener gak masuk akal. Mungkin kalian pernah di gituin, atau pernah denger tentang hal ini.

 


2. Nahan boker, pake batu

Kalo batunya segini, bisa nahan boker selama 1 Tahun
Kepercayaan ini, gue akui kebenarannya. Sebab, gue pernah ngerasain sendiri. Jadi ceritanya waktu itu gue lagi ke bengkel ama bokap. Di daerah kapten tendean. Waktu itu hari masih pagi. Ya sekitar jam delapanan deh. Waktu itu gue masih kecil.

Sambil ngeliat mobil yang sedang di cet dan di poles. Tiba-tiba perut gue mendadak jadi mules, rasanya pengen ada yang keluar gitu, dari lobang pantat gue ini. Gue langsung bilang ke Bokap, dan Bokap bukan mencari solusi, malah ikutan jadi panik.

Waktu itu, gue berniat pangen numpang berak di Mall Tendean. Tapi dengan jam yang masih menunjukan pukul delapan pagi, kayanya Mustahil ada Mall yang udah buka. Karena panik, Bokap mengambil batu dari taman, dan memberikannya pada gue. Katanya sih di suruh di kepel. Dan ternyata bener, gue pun bisa menahan rasa boker itu, sampe akhirnya gue pulang, dan langsung nyetor.

Dan kepercayaan ini, di gunakan pada orang dengan gaya yang berbeda-beda. Ada yang di kepel, kaya gue gitu. Ada juga yang di taro di kantong. Ada juga yang cuma di liatin. Iya, di liatin doang, rasa pengen boker sih tetep.


3. Dudukin bantal, nanti pantatnya bisulan

Ini apalagi. Mana ada jutrungannya, pantat bisa bisulan, cuma gara-gara duduk di atas bantal. Yang secara logika, berbahan halus dan lembut. Kan itukan gak masuk akal banget. Tapi gilirian di tentang kepercayaan itu, masih ada aja orang yang membelanya, dengan bilang "Warisan Kepercayan". Warisan sih Warisan, tapi yang masuk akal dong.


4. Makan gak abis, Ayam orang mati

"Udah ah, Mi, Aziz udah kenyang." Bilang gue, yang udah kenyang di suapin ama Nyokap dulu.

"Eh, tanggung. Nanti Ayamnya Ustad Ma`mun mati lho !" Jawab Nyokap. Dengan wajah di serem-seremin.

`Nanti ayam bisa mati` Apaaan sih. Dari mana juntrungannye, makanan yang kita gak abisin, bisa membuat Ayam orang mampus. Kecuali, kita ngambil makanan tuh ayam, nah tapi kita gak abis memakannya, dan langsung membuangnya. Baru bisa mati.

Nah ini. Gak jelas banget dah emang orang dulu, kalo bikin kepercayaan.


5. Jangan main ampe malem, nanti di ambil Wewek Gombel

Jangan salah fokus, jangan salah fokus
Gue inget banget. Waktu itu tahun 2009. Cewek, bokep, Internet. Belom ada di otak gue. Waktu itu gue lagi bermain bersama teman-teman (ciaahh). Gak lama kemudian, Azan Magrib berkumandang. Seolah tidak mendengarkan itu, kita terus bermain. Hingga pada akhirnya, salah satu dari emak kita. Yaitu emak gue, teriak-teriak ke arah gue dan teman-teman.

"HAI ANAK-ANAK, CEPET PULANG UDAH MALEM...NANTI DI AMBIL WEWEK GOMBEL LOHHH CEPETAN !!!" Gue dan anak-anak langsung lari ketakuan. Layaknya ketakunan anak berumur 9 Tahun.

Sumpah ini gak jelas banget. Jangan percaya, jangan percaya.



Mungkin itu aja yang dapat gue sampaikan. Sebenernya sih, kepercayaan orang dulu boleh-boleh aja kita percaya, tapi jikalau itu benar. Dan menurut gue, banyak kok, kepercayaan-kepercayan orang dulu, ya memang Absurd sih. Tapi bisa di ambil filosofinya dari situ.

Kaya contohnya. Kita harus nyapu rumah yang bener, kalo kagak, nanti Suami/Istri kita brewokan. Nah itu ada filosopinya. Kalo kita enggak jadi orang yang bersih, makan hidup kita kaya jenggot, yang berantakan, dan keriting-keriting gak jelas.

Okeh, kalo seandainya kalian mempunyai Kepercayaan orang dulu yang Absurd dan kocak Versi kalian sendiri. Silakan Share di komen box bawah. Karena hanya dengan komen, yang membuat gue selalu semangat untuk membuat postingan baru. Dan jangan lupa, Susbcribe Blog gue, dengan cara menuliskan Email kalian di atas sebelah kanan, di bawah tulisan "Wanted" itu. And #SalamBloggerGanteng

Bye.


10 komentar:

  1. Ternyata zaman kita sama, sama-sama dikasih cerita yang menakutkan haaa. Itu nahan BAB pake batu jadi ingatwaktu SD haaaa

    BalasHapus
  2. Wahahah...jadi keingetan zaman2 dulu kala dikasih mitos2 macem begituan

    BalasHapus
  3. "Jangan berdiri di depan pintu" - Alasan mungkin kenapa masih jomblo Nyiahaha!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan, mungkin jangan berdiri di depan pintu, supaya jangan di anggap gembel Ama orang lain :V

      Hapus
  4. ahahahak zaman kecil :)

    eh iya yang kalo diambil wewe gombel mah dulu kalo keluar rumah magrib terus kalo nasi gak diabisin nanti nasinya nangis, terus kalo ngaji kerudungnya musti dilepas dirumah dan jangan menclok kemana-mana nanti pahalanya ketempat kita menclok. . ahahahak

    BalasHapus
  5. hahahaha..... nambahin bro, kalo makan jangan suka pindah2 ntar istrinya banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahh, kalo itu harus dilakukan. Biar malam Jum`atnya, gak monoton :V

      Hapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.