Jumat, 03 Oktober 2014

Tipe-tipe Guru yang ada di sekolahan

Asalamualaikum. Selamat pagi semua. Gimana-gimana, udah pada dapet kupon daging belom ? Secara kan besok udah mau Idhul Adha. Oiya sebelomnya gue pengen ngucapin selamat Hari Raya Idhul Adha dulu, ye.

Oiya, kalian-kalian (yang masih sekolah) udah pada UTS belom ? Kalo gue sih alhamdulilah belom. Bahkan sekarang masih liburan. Niatnya sih, sekolah gue bakal ngadain UTS pada tanggal 15 Oktober. Jadi, ya, kayanya selama tanggal segitu sampe tanggal 18 Oktober, gue bakal jarang nge-blog. Karena pengen fokus ke UTS.

Okeh, kembali ke labtop.

Setiap sekolahan, yang Negeri maupun yang Swasta. Pasti memiliki Guru. Gak mungkin, sekolah gak punya guru. Kalo sekolah gak punya guru, nanti yang ngajarin para murid siapa ? Eh masa iya Satpam sekolahan. Kan gak mungkin.

Dan guru-guru di sekolahan, itu gak hanya satu tipe doang. Kalian inget pepatah yang mengatakan "Rambut boleh sama hitam, hati siapa yang tau !" gak ? Kalo seandinya kalian pernah denger. Itu tandanya kalian anak gaul. Gak ada hubungannya, ya.

Intinya sih, dari pada banyak-banyak bacot lewat tulisan, dan tangan gue pegel. Jadinya langsung aja di simak. Tipe-tipe Guru yang ada di sekolahan. Cekidotdot.


1. Guru Killer

Ini udah pasti. Di semua sekolah-sekolah di Indonesia, maupun di luar negeri. Maupun sekolah Umum, atau sekolah Religius (Tarakanita & Mts), pasti memiliki apa itu yang bernama Guru Killer. Dan apa tugas Guru Killer ini.

Guru Killer tugasnya bukan hanya mengajarkan para murid-murid. Dia juga punya kerjaan sampingan. Kaya misalnya, bawa-bawa penggaris, padahal gak di pake. Terus nyubit-nyibutin anak-anak, yang kadang-kadang juga bingung, apa sebenernya kesalahan mereka.

Gue sekolah di MTs. Sa`adatuddarain. Dan di situ, juga ada Guru-guru Killer. Tapi gue gak mau sebutin di sini. Sebab, gue masih pengen lulus.



2. Guru Kalem

Kalo gue punya guru kaya gini, bukan tidak mungkin gue bakal betah di Sekolah

Guru kalem, sangat berbeda jauh dengan guru Killer. Guru kalem ini, juga bakal marah kalo seandinya satu kelas berisik. Tapi gak separah Guru Killers.

Guru Kalem ini, lebih punya Prinsip. Memarahi Murid dengan otak, bukan dengan otot. Gue setuju dengan prinsip ini, dan gue juga lebih seneng di ajarin ama guru bertipe kaya gini. Karena pelajaran lebih gampang masuk ke otak secara langsung. Daripada belajar ama Guru Killer. Ilmu gak masuk, luka-luka iya.


3. Guru Slow

Guru Slow, hampir sama dengan Guru Kalem. Tapi bedanya, Guru Slow itu seperti gak punya tenaga, kalo di hadapin dengan murid-murid yang berisik.

Kaya contohnya. Di sekolah gue, ada tuh tipe guru yang kaya gini. Guru cewek. Nah dia itu, kalo lagi ngajar, jarang banget ngomel. Dan yang lebih parahnya lagi, kalo ada anak-anak yang lari-larian ke sana kemari, terus ada yang bercanda, di diemin aja. Gak pernah di omelin. Jadi seolah-olah, kaya gak punya kekuasaan gitu. Kaya selama ini, hidupnya di atur oleh Murid gitu.

Bukankah Guru adalah pamutan bagi setiap Murid-murid. Gimana Murid-murid mau belajar dengan Guru, kalo Gurunya aja bisa di tipu daya oleh Murid-muridnya.


4. Guru Modern

Di sekolahan, gue mempunyai guru yang Modern. Selain dia masih Muda, kalo lagi ngajar, dia juga sering pake In Fokus. Kadang-kadang alat-alat canggih suka di keluarkan olehnya, hanya untuk mengajarkan para Murid-muridnya. Kadang-kadang juga, kalo kita lagi belajar, itu gak pernah lewat buku, langsung cari di Internet.

Tapi itu semua percuma. Kalo Guru Modern, mempunyai sikap kaya Guru nomer 3 barusan. Guru Slow. Sama aja gak di hargain.


5. Guru Jadul

Di mana ada semut, di situ ada gula. Dimana ada Aziz, di situ ada Nabilah JKT 48. Dan dimana ada Guru Modern, disitu ada Guru Jadul.

Guru Jadul di sini, adalah kebalikan dari Guru Modern di atas. Kalo ngajar masih pake papan hitam, dan pake kapur putih. Kalo ngomong nilai, pake bahasa "Ponten". Kalo ngasih tau bentar lagi ada Ujian Tengah Semester. Bakal di kasih tau, dengan bahasa "Testing.". Pasti kalian (yang masih sekolah) mempunyai guru kaya gini. Atau pernah ngerasain guru kaya gini. Di sekolah gue pun, ada guru yang kaya gini.



Okeh, mungkin itu aja yang dapat gue sampaikan. Semua Tipe-tipe Guru di sini, pada akirnya sama. Guru adalah tempat untuk kita belajar. Guru adalah Pahlawan tanpa Tanda Jasa. Mau apapun sikap guru kita, mau apapun tingkah lucu yang di buatnya sehingga membuat kita tertawa, dan cengegesan. Tetap harus kita hormati. Karena kalo gak ada guru, kita gak akan pernah bisa kaya sekarang.

Dan kalo seandinya kalian punya Tipe-tipe Guru yang ada di sekolahan versi kalian sendiri, silakan Share di komen box bawah. Dan jangan lupa, untuk Subscribe Blog ini, dengan menuliskan Email di atas pojok kanan Blog ini, di bawah tulisan "Wanted" itu (Khusu yang baca lewat PC). Karena setiap Komen dan Susbscibe kalian lah, yang selalu membuat gue semangat untuk membuat postingan lagi.

Oke mungkin ini aja. Selamat Hari Raya Idhul Adha, dan Selamat Liburan (Bagi kalian yang udah Liburan).

Bye.

6 komentar:

  1. udah pernah ketemu tipe guru kelima-limanya XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wow !! Sungguh Pelajar yang berpengalaman :V

      Hapus
  2. Guru yang suka ceritain masa lalunya, masuk kategori mana qaqa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah manggil aku Qaqa. Cukup Yank aja !! :V

      Hapus
  3. Kalau guru yang sukanya marah, sakit hatian, ngambek, ngasih tugas itu termasuk yang mana? Kayaknya guru kebanyakan nonton drama deh ya-_-

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.