Jumat, 24 Oktober 2014

Penyebab kenapa Pelajaran Matematika sangat Membosankan

Matematika. Siapa sih di sini yang seneng banget ama pelajaran Laknat satu itu. Kalo di suruh milih ya. Mendingan sekolah dari pagi sampe malem, ketimbang hanya setengah hari, tapi dalam Seminggu MTK ada 4 kali. Iya, gue akuin. Gue benci banget ama pelajaran satu ini.

Dan kayanya, bukan cuma gue doang yang benci ama pelajaran Matematika. Survey membuktikan, hampir 98,9% anak di seluruh dunia, benci dengan pelajaran Matematika. Ya abis gimana, pelajaran Matematika itu ngebosenin banget sih. Kalo di kelas gue, setiap ada pelajaran matematika. Hampir satu kelas, palanya di jatohin ke atas meja. Tapi kalo pelajaran yang lain, anehnya temen-temen bahkan gue, gak pernah ngelakuin hal itu.

Nah gara-gara itulah, kekeppoan gue terangkat. Gue jadi penasaran, kira-kira apa, ya, penyabab kok pelajaran Metematika itu, bisa dibilang pelajaran yang ngebosenin. Akhirnya, setelah memilah hampir 4 Tahun. Tepatnya dari tahun 2010 sampai sekarang 2014. Akhirnya gue menemukan penyebabnya. Berikut Penyebab kenapa Pelajaran Matematika sangat Ngebosenin. Cekidotdot.



1. Metode Penghitungannya terlalu Banyak

Menurut Riset. Alasan kenapa orang menyebut Matematika adalah Pelajaran yang Ngebosenin. Adalah karena, Metode penghitungannya terlalu banyak. Pertambahan, Pengurangan, Pembagian, dan Perkalian. Mungkin saat SD, kita baru akan di ajarkan Pertambahan dan Perkurangan. Itupun hanya sampai kelas 4. Setelah itu dan selanjutnya, barulah, Neraka Dunia sudah menanti.

Sebenernya, kalo di dunia ini, pelajaran Matematika cuma pake Metode Pertambahan dan Pengurangan doang, atau Perkalian dan Pembagian doang. Atau sebaliknya. Pasti Matematika gak ngebosenin. Ya soal masalah ini, terserah kalian sih, mau percaya atau enggak.


2. Gurunya Killer-Killer

Yang Kedua. Guru Matematika itu, pasti selalu galak-galak dan kejam-kejam. Ini terbukti. Sudah 9 Tahun gue makan bangku sekolahan. Dan gue belom pernah ngerasain, punya guru Matematika, yang asyik, gampang bercanda, dan doyan Selfie. 9 Tahun gue sekolah, yang selalu gue dapet dari guru Matematika gue. Adalah : Galak, Cuek, Judel, dan Gak kenal kata "Tega". Semuanya, mau yang cewek sampai yang cowok.

Gue juga heran. Apa emang dari dulu, Stantar guru Matematika itu harus galak-galak. Jadi kalo sekolah lagi mencari Guru Matematika yang baru. Dia bakal nulis di kerta ; "Di cari PNS yang bisa Matematika, Mukulin orang, Gentak orang, dan Matanya bisa Melotot selama 1 Jam".

Sekarang coba kalo itu di hilangkan. Guru-guru Matematika pada baik-baik, ganteng-ganteng, cantik-cantik, seksi-seksi. Gue jamin, pasti Murid-murid gak ada yang bosen ama pelajaran Matematika. Mupeng iya malahan.


3. Terlalu Basa-basi soalnya

Picture By : gambarunik.com
Kalian (bagi yang masih sekolah) pernah gak, ngerasain mendapatkan soal Matematika. Tapi pake cerita. Kaya contohnya :

Mamat adalah siswa pintar di sekolahnya. Di sekolahanya, dia mempunya 4 Mantan, dan 5 Mantan korban Friendzonenya. Kalau salah satu Mantan Korban Frienzonennya pernah menjadi Mantan Pacarnya, jadi berapa kali Jumlah Mamat coli setiap hari ?
Sumpah, soal kaya gitu. Jangankan buat ngisi. Buat ngebacannya aja males. Abisnya, soalnya terlalu basa-basi gitu. Kalo mau nanya ama murid, ya langsung aja gitu To The Point. Jangan kaya Sercet Admirer, yang terlalu banyak Basa-basi, tapi gak dapet apa-apa. Kalo seandainya pelajaran Matematika langsung To The Point. Kaya 4X 4 berapa. Percaya gue, Murid-murid bakal semangat belajar MTK.
Soalnya dengan seperti itu, mereka merasa kalo mereka memang sedang belajar Matematika. Bukan Bhs. Indonesia. Yang banyak baca-bacanya.


4. Dari SD s/d SMA Tema pembelajarannya selalu Sama

Kalian pernah perhatiin gak sih. Kalo sebenernya, pelajaran dari SD itu pasti bakal kita pelajari lagi, saat udah SMP maupun udah SMA. Gue sekarang SMP kelas 3. Dan pelajaran yang menurut gue sama kaya di SD waktu itu. Adalah Bangun Ruang, dan Volume serta Luas. Sekarang gue sedang mempelajari itu. Padahal waktu SD, gue juga sering mempelajari itu. Bahkan waktu UN di SD dulu, soal tentang Tema itu, jelas-jelas ada. Masa sekarang saat di SMP, pelajaran itu masih kita pelajarin sih.

Coba kalo seandainya, setiap kita naik tingkat. Tema pelajarannya berbeda-beda. Bukan hanya Materinya aja yang berbeda. Pasti Murid-murid jauh bakal seneng, dengan pelajaran Matematika. Semoga ada Guru atau kepala sekolah yang ngebaca postingan ini.


5. Pelajarannya gak bisa di bawa santai

Gue kalo lagi belajar di sekolah, gue bakal sebisa mungkin untuk belajar sambil santai. Ini semua gue lakukan supaya pelajaran bisa gampang masuk ke dalam otak. Tapi di saat gue belajar MTK. Jangankan buat santai, buat bunyiin tangan aja kayanya gak bisa. Baru nengok ke kiri, langsung di omelin ama guru gue. Jadi, serasa kaya di kekang gitu. Dan, siapa sih yang mau di kekang. Setiap perkerjaan yang dikerjakan karena di kekang atau di paksa, gak akan bisa mendapatkan hasil yang bagus. Sama juga kaya belajar.


***
Mungkin itu aja yang dapat gue sampaikan. Semoga para Guru-guru Matematika diseluruh Indonesia, pada membaca Blog ini. Biar mereka pada nyadar, dan bisa berubah. Kalo seandainya gak ada yang baca, ya sebaiknya kalian Share di guru-guru Matematika kalian. Dan jangan lupa, kalo kalian punya Penyebab kenapa Pelajaran Matematika sangat Membosankan versi kalian sendiri, silakan Share di komen box bawah.

Dan juga jangan lupa, untuk Susbcribe blog ini, supaya kalian bisa tau lebih dulu, kalo seandainya Blog ini update, dengan via Email. Susbcribenya dengan cara menuliskan Email kalian, di atas sebelah kanan blog ini, tepatnya di  bawah tulisan Wanted. Inget, kalo mau Susbcribe, hanya bisa dilakukan lewat PC/Labtop. Okeh gitu aja, #SalamBloggerGanteng

Bye.

20 komentar:

  1. bruakak..
    guru matematika di sekolah saya enggak killer. baik baik semua :v

    BalasHapus
  2. Wah, kebetulan saya ini sarjana matematika. Jadi ya hampir 16 tahun lah belajar matematika. Hehehe. Mungkin komentar saya ini bisa mencerahkan batinmu yang sedang resah. #ceileh

    Kalau saya pikir-pikir memang pas jaman sekolah dulu pelajaran matematika itu nggak jauh-jauh dari menghapal rumus dan menghitung bilangan-bilangan yang angka di belakang komanya banyak banget. Ya toh?

    Itu karena pas di jenjang sekolah, pelajaran matematika memang menekankan pada teknis menghitung dibandingkan dasar teori. Sebagai contoh, kamu tidak ditekankan untuk tahu alasannya kenapa 1 + 1 = 2 atau yang lebih rumit dikit kenapa integral rumusnya ada embel-embel dx-nya.

    Saya nggak tahu kenapa dasar teori itu nggak ditekankan di jenjang sekolah. Mungkin memang untuk mempelajari dasar teori itu butuh pemahaman yang kuat daripada sekedar teknis menghitung yang relatif lebih mudah dipelajari bagi remaja.

    Tapi ya jangan malah kamu jadi benci matematika karena pelajarannya nggak menyenangkan lho. Kamu bisa ngeblog pakai blogspot, kamu punya handphone, kamu punya laptop, itu semua kan bikinnya pakai matematika, hehehe.

    BalasHapus
  3. pelajaran matematika, terasa lebih lama dari pelajaran yg lainnya :D haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya, pas pelajaran Matematika sedang dimulai. Sebisa mungkin kita gak ngeliat jam, biar waktu gak terasa lama :V

      Hapus
  4. Balasan
    1. Iya. Kan. Tadi. Udah. Di. Kasih. Tau. Di. Point. Ke. 2. :V.

      Hapus
  5. kayaknya hal yang paling sulit didunia ini bukan matematika, tapi memimpin diri sendiri kejalan yang baik. Benar gak tu ziz?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi. Kalo hal yang paling sulit di dunia pendidikan, yaitu Matematika :V

      Hapus
  6. guru yang galak itu guru yang gak ngerti psikologi pendidikan kalau menurut aku. kalau dia ngerti, yaaa udah tahu matematika itu selalu jadi momok menakutkan, pasti dia berusaha bikin muridnya mencintai matematika, bukannya malah galak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Kamu bisa aja, bieb!! :V :* :V

      Hapus
  7. alasan gw ga suka matematika hanya 2:
    1. gw benci matematika
    2. matematika membenci gw.
    haha..

    oiya kalo ada waktu sempatkanlah joging ke rumah gw.
    http://handsomenia11.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalian saling membenci Satu sama lain, ya !! :V

      Hapus
  8. Matematika itu emg pelajaran yg membuat kita pusing, soal2 yg dikasih itu trlalu rumit jd kita sulit buat ngehitung hasil akhir dr soalnya :v

    BalasHapus
  9. Gue kok malah milih mat ya ketimbang pelajaran lain? Soalnya gue gasuka sama hafalan, sedangkan mat itu gak perlu hafalan

    BalasHapus
  10. Gue kok malah milih mat ya ketimbang pelajaran lain? Soalnya gue gasuka sama hafalan, sedangkan mat itu gak perlu hafalan

    BalasHapus
  11. Gue kok malah milih mat ya ketimbang pelajaran lain? Soalnya gue gasuka sama hafalan, sedangkan mat itu gak perlu hafalan

    BalasHapus
  12. Di finlandia matematik mau dihapus

    BalasHapus
  13. Bener :v dulu pas SD suka banget sama matematika, tapi pas SMP -_- gw jdi g suka matematika gara gara dicampur campur pake huruf

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.