Senin, 27 Oktober 2014

Sebuah Perjalanan, dan Pencapaian

HOREEEE !! SELAMAT HARI BLOGGER NASIONAL !!!!!
Bisa di bilang, ini Hari Blogger Nasional pertama kali, yang bisa gue rasakan, dengan status gue sebagai seorang Blogger. Tahun kemarin, dan kemarin-kemarinnya lagi, gue belom jadi Blogger. Gue hanya seorang anak kecil, yang hanya bisa di begoin orang. Ya sekarang juga gue masih sering di begoin sih.

Jujur aja, menjadi seorang Blogger gak pernah gue pikirkan sebelumnya. Padahal dulu cita-cita gue cuma ingin menjadi orang kantoran. Eh sekarang malah jadi Fokus ke dunia Blog, dan bisa dapat banyak temen pembaca.

Nah, di postingan kali ini, gue bakal cerita dikit, awal gue membuat Blog, hingga akhirnya Blog ini bisa jadi berkembang. Dan (alhamdulilah) mempunyai banyak pembaca. Sebelom mendengar ceritanya, agak baiknya, setel lagu Semua Tentang Kitanya Piterpan.

Okeh...langsung saja.


 ***
Berawal dari gue ngeliat Stand Up Komedinya Raditya Dika untuk yang pertama kalinya, gue langsung jatuh cinta kepada dia. Bukan, gue bukan jatuh cinta ama Raditya Dika, dan bakal nembak dia supaya mau jadi kekasih gue. Gue Jatuh Cinta dengan perkerjaannya. Yaitu menjadi seorang Penulis.

Gue dulu awalnya gak tau, kalo Raditya Dika itu seorang Blogger juga. Padahalkan di riwayat hidup aslinya, Raditya Dika berawal menjadi Blogger dulu, abis itu, baru dia menjadi seorang Penulis Profesional, dan sekarang bahkan sudah menjadi seorang Aktor dan Sutradara.

Hingga pada akhirnya, gue di ajak ama Bokap gue ke Gramedia kalibata, gue masih inget banget. Saat itu, tujuan gue hanya satu. Pengen beli buku Raditya Dika yang berjudul : Cinta Brontosaurus. Iya, waktu itu Film Cinta Brontosaurus udah keluar di bioskop. Tapi karena keluarga gue enggak ada waktu, jadinya kita gak bisa nonton film itu. Tapi gue punya IDE lain, kenapa gak gue beli aja Bukunya. Toh nanti juga setiap Film bioskop, bakal keluar di SCTV.

Sampe di Gramedia, gue ngeliat buku-bukunya Bang Dika di jejerin ke samping. Ada Kambing Jantang, Cinta Brontosaurus, Radikus Makankakus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, dan Manusia Setelah Salmon. Waktu itu tujuan pertama gue hanya di buku Cinta Brontosaurus, gak lebih dari itu. Gue ambil tuh buku, dan sekarang buku itu ada di genggaman tangan gue. Anehnya, saat gue mau pergi ke kasir, kaya ada semacem tahanan, yang membuat gue bertahan di Rak buku kumpulan bukunya Bang Dika. Anehnya lagi, mata gue selalu tertuju ama bukunya Bang Dika, yang berjudul : Kambing Jantan-Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh.

Emang, sebelomnya gue juga udah tau, kalo buku Kambing Jantan, adalah buku pertama Bang Dika. Gue tau ini dari Google. Yaudah, gue mencoba mengikuti kata hati. Gue ambil tuh buku Kambing Jantan, dan gue berjalan ke kasir. Jadinya, hari itu gue membeli dua buku sekaligus. Kambing Jantan, dan Cinta Brontosaurus.

Sesampainya di rumah. Sengaja gue ngebaca Cinta Brontosaurus dulu pertama. Karena emang tujuan gue ke Gramedia kan emang buat beli buku itu. Saat gue buka dan gue baca, gue kaget, Shock, dan berhasil kejang-kejang. Buku itu, gak sama kaya ada di pikiran gue selama ini. Kirain gue saat itu, Bukunya itu kaya sebuah cerita gitu. Eh ternyata hanyalah cerita pendek, Bab demi Bab. Dari situlah gue tau, kalo selama ini Raditya Dika membuah buku personal. Yaitu buku yang menceritakan kejadian-kejadiannya sendiri. Setelah udah tau formatnya, gue menaruh buku itu. Gue jadi penasaran, apa kambing jantan isi dan Formatnya sama, ya ? Gue pun membukannya.

Pas gue buka, gue kembali Shock, kaget, dan kejang-kejang kembali. Isi dan Formatnya benar-benar berbeda. Menurut gue kala itu, Cinta Brontosaurus lebih baik dari pada Kambing Jantan. Kenapa ? Karena dari kertasnya udah ketauan, dan gaya penulisannya, menurut gue lebih rapih Buku Cinta Brontosaurus, daripada Kambing Jantan. Tapi setelah gue membaca "About This Book" di dalam buku itu. Ternyata alasan kenapa tulisan Bang Dika jelek pada buku itu, karena semua tulisan itu, di ambil dari Blog Pribadinya Bang Dika kala itu. Yaitu kambingjantan.com. Gue ngangut-ngantut aja, padahal sejujurnya gue gak tau, apa itu Blog.

Guepun nyari di Google. Apa itu Blog. Setelah gue tau, apa itu Blog, dan apa itu tujuannya. Gue tertarik buat bikin. Apa lagi gue tau, banyak penulis-penulis yang mempunyai Blog Pribadi, buat dia belajar nulis. Gue sebagai anak yang bercita-cita menjadi seorang penulis, masa gak punya Blog. Akhirnya gue mencoba buat membuat sebuah Blog.

Wah, awalnya juga susah banget gue buat Blog. Waktu itu gue masih pake komputer, bisa di bayangin dong, lemotnya kaya begimana. Kebiasaan jelek gue itu, kalo gak bisa sesuatu hal. Pasti gue bakal marah-marah gak jelas. Semua gue marah-marahin. Yang bener gue salahin, apalagi yang salah. Gue injek-injekin. Sampe-sampe bokap turun tangan, hanya untuk buat Blog personal satu biji.

Padahal kalo sekarang di pikir-pikir lagi, kenapa gue bego banget, ya. Kan bikin Blog gampang banget. Akhirnya setelah hampir 24 Jam lebih berusaha membuat blog. Akhirnya gue punya Blog juga. Alamat Blog gue pertama kali tuh, di : http://duniabatu1.blogspot.com/. Masih ada, Klik aja kalo kalian mau main-main. Tapi jangan beri komentar, nanti gak ada yang bales.

Nah di Blog itu gue cerita-cerita macem-macem. Tapi karena emang dulu gue tujuannya hanya ikut-ikut aja, tanpa ada tujuan sama sekali. Yaudah, akhirnya Blog itu gak terurus. Dan lagi, gue jadi jarang ngebuat postingan pengalaman pribadi, gue kadang-kadang hanya nge-Share Naskah Stand Up Komedi. Yang itupun, gue berhasil copas di Blog lain. Kurang lebih ada 12 Postingan, akhirnya gue nyerah. Gue pun meninggalkan Blog itu, dan kembali sibuk dengan perkerjaan gue sendiri. Yang hanya belajar.

Pertengahan tahun 2013, gue berniat untuk membuat Blog kembali. Gue pikir waktu itu, sekarang gue udah punya tujuan dari ngeblog. Yaitu hanya ingin bercerita. Udah, itu aja. Guepun membuat Blog kembali, karena sudah belajar dari pengalaman sebelumnya. Gue jadi gak susah-susah lagi buat bikin Blog. Kurang dari setengah jam, gue berhasil membuat Blog baru. Yang gue kasih alamat, di : http://aziz6969.blogspot.com/. Masih ada Blognya sampai sekarang, kalo kalian mau liat, Klik aja.

Di Blog itu, gue cerita banyak soal pengalaman-pengalaman Pribadi gue. Dan bisa dibilang, gue memelihara Blog ini cukup lama. Ya, kurang lebih ada 6 Bulanan lah, gue punya Blog ini. Jujur, waktu itu gue gak pernah memperdulikan, apa itu yang namanya Statistik, dan Komentar. Dulu, yang gue pikirkan, hanyalah yang penting Cerita, Cerita, dan Cerita. Gak lebih dari itu.

Tapi lama kelamaan, kok gue jadi bosen sendiri. Kalo masalah gak ada komentar sih, ya gapapalah. Gue emang dari awal gak pernah memikirkan hal itu. Tapi anehnya, Startistika Blog gue gak pernah naik. Dulu gue belom kenal, ama Akun-akun di Twitter dan di FB, yang bisa nyeponsorin Link blog kita. Jadi dulu, setiap gue abis bikin postingan baru, ya gue cuma Share di Twitter aja gitu. Jadi yang liat tweet cuma Followers doang, yang hanya 50 orang doang.

Gue mulai ada di titik jenuh. Menurut gue, setiap orang pasti membutuhkan Apresiasi dari orang. Pelacur aja, yang kerjaannya haram, kadang mendapatkan Apresiasi dari pelanggannya. Entah itu memuji dadanya, Pantat, atau Ciumannya yang hot. Nah sedangkan gue, yang berkerja sebagai Blogger, yang jelas-jelas halal. Jangankan dapet Apresiasi dalam bentuk komen, dalam bentuk pengunjungan aja gak ada yang pernah. Gak ada yang mau main di Blog gue, sama sekali.

Gue pun menyerah (kembali). Gue merasa, apa yang gue kerjakan selama ini, gak ada bayarannya sama sekali. Memang, selama ini tujuan gue Nge-blog, hanya untuk cerita. Tapikan, orang kalo lagi cerita dengan temannya, tapi temannya gak pernah ngedengerin. Pasti orang itu bakal kesel, dan gak bakal cerita lagi ama orang itu. Dan itu yang gue rasakan saat itu.

Selama gue gak ngeblog lagi. Gue mencoba serius membuat dan menulis Naskah untuk buku. Dan ternyata asyik. Dan bisa dibilang, dari situ gue menemnukan Passion gue. Passion gue adalah Menulis. Gue selalu tenang dan asyik kalo lagi Menulis. Setiap ada masalah, gue selalu menulis. Karena menurut gue, hanya menulis yang bisa menenangkan gue.

Di awal tahun 2014. Gak sengaja gue ngefollow Akun @shitlicious. Gue heran aja, kok setiap hari dia selalu nge-tweet soal penulisan. Iseng, gue buka Frofilnya. Dan akhirnya gue tau. Dia itu bernama Aliit Susanto, penulis buku shitlicious, Skripshit. Iseng-iseng, gue juga ngeliat link blognya, yang beralamatkan di : shitlicious.com. Akhirnya gue buka tuh Blog.

Dan dari situ, gue menemukan Tema blog yang benar-benar berbeda, dari tema-tema Blogger lainnya. Hampir setiap hari, gue buka dan gue baca postingannya Mas Alitt di blog. Karena di dalem Blognya, ada kaya Tips-tips, dan pengetahuan yang ngaco-ngaco. Dan tanpa di sadari, dan di resapi. Gairah gue nge-blog, kembali berkobar.

Gue berniat buat membuat Blog kembali, tapi dengan Format dan gaya yang berbeda. Iya, jadi gak hanya cerita-cerita pengalaman Pribadi gue aja. Tapi tips-tips gitu, ya, semacem kaya isinya Blog Mas Alitt deh. Dari situ juga, gue jadi sering baca-baca Blog orang yang berformat sama kaya Blognya Mas Alitt. Kek semacem : kancut-beringas.blogspot.com, madz666.blogspot.com, saputraroy.com, dan kevinanggara.com.

Setelah baca-baca Blog mereka. Semangat gue buat menjadi Blogger kembali berkobar. Akhirnya, tepat tanggal 9 Februari, 2014, gue membuat Blog baru. Kali ini gue pengen serius dalam dunia Blog. Gue berjanji ama diri gue sendiri, walaupun gak ada yang komentar, walaupun startistik gak naik-naik. Tetep gue harus rajin ngeposting. Akhirnya, tepat tanggal itu, gue ngebuat blog kembali. Yang beralamatkan di : azizkerenbanget.blogspot.com. Atau bisa langsung di : Celotehan si aziz

azizkerenbanget.blogspot.com
Di Blog itu. Eh, lebih tepatnya, di Blog ini, gue sering nge-share hal-hal yang Absurd-absurd. Ada juga tentang Review sebuah Film/buku. Tapi lebih banyak Buku sih. Gue juga sering nge-share pengalaman Pribadi gue, di blog ini.

Awalnya Blog ini masih sepi. Persis kaya Blog-blog gue sebelumnya. Tapi gue bencoba sabar. Gue juga mulai share-share link setiap postingan gue, di Akun-akun semacam : @UpdateBlog, @KumpulanBlogger, @Warung_Blogger. Selain di Twitter, gue juga Share postingan gue, melalui FB.

Gue inget banget. Waktu itu hari masih sore. Gue iseng-iseng ngebuka Blog gue. Pas gue liat, ternyata ada satu postingan, yang udah ada komentarnya. Masyallah, gue seneng setengah mati. Gue loncat-loncat, wah pokoknya seneng banget deh. Tapi kalian tau, gak ? Isi komentarnya ? Isinya tuh "Izin Blog Walking gan. Jual beli togel". Setelah membaca komentar itu, gak membuat gue kesel. Gue malah masih girang. Menurut gue, gak penting isi komentarnya apa. Tapi yang jelas, gue bisa mendapatkan komentar.

Gue pun mulai rajin ngeposting. Kadang Seminggu sekali, kadang juga seminggu 2 kali. Dan yang pasti, yang gue angkat ke Blog ini, adalah "Hal yang sedang buming, dan pernah buming". Dengan hal itulah, membuat orang jadi tertarik datang dan membaca Blog gue.

Gue terus rajin ngebuat postingan, sampai sekarang. Gue udah pernah ngerasain punya Komentar hanya 2 orang, belasan, sampai puluhan. Gue gak nyangka aja sebelumnya. Bahkan sekarang, padahal gue baru Update, 1 Jam kemudian gue udah dapet komen. Dulu kalo gue pikir-pikir lagi, buat mendapatkan satu komentar aja, harus menunggu berhari-hari.

Intinya sih, kalo kita gak pernah menyerah. Kesempatan juga gak akan pernah menyerah untuk datang ke diri kita. Gue akui, sebelomnya gue juga sama kaya kalian. Blog sepi, tapi dengan kerja keras, semua itu bisa di tanggulangi. Bahkan, ada brend-brend terkenal, yang meminta gue mengiklankan barangnya di blog ini.
Mungkin itu aja. Mungkin cerita perjalanan gue sebagai Blogger ini, bisa menginspirasi para Blogger-blogger diluar sana. Inget, perkerjaan memang berat. Tapi perkerjaan itu gak akan berat, kalo kita enggak mengerjakannya.
Jangan lupa komen, dan Share juga pengalaman Blogger kalian di komen box bawah. Dan jangan lupa Susbcribe Blog ini, dengan cara menuliskan Email kalian, di kolom Susbcribe di bawah tulisan Wanted. Inget, yang hanya bisa Susbcribe, yang hanya membuka dan membaca Blog ini lewat PC/Labtop. Okeh #SalamBloggerGanteng
Bye.

17 komentar:

  1. Wih baru tau nih kalo sekarang hari blogger nasional. Thanks infonya. Salam Blogger

    BalasHapus
  2. Yoi men, gue juga ngeblog mulai dari awal lagi tahun ini, mulai ngeblog nya 2012 kadang ngeblog kadang goblog :v

    main" bro tmpt gue kalo aja ada nabilqh jkt48 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak mungkin Nabilah main ke Blog lo. Dia tuh mainnya di hati gue doang !! :V

      Hapus
  3. Tetap semangat brok , semoga sukses buat kamu bang aziz

    BalasHapus
  4. Pengalamannya mirip2 dengan saya nih. Awalnya iseng sih, tapi lama-kelamaan asyik juga ngeblog. Meski udah ngeblog dari 2007, sempat gonta-ganti nama blog, akhirnya tahun 2011 mulai manteb nulis blog jalan-jalan.

    Btw, selamat hari blogger ya, meskipun agak telat hehehe :)

    BalasHapus
  5. Sama, gue juga seneng baca blognya si Alitt, ya paling nggak ntar kita nyusul nerbitin buku \o/

    BalasHapus
  6. Terkadang masih lupa sama yang namanya hari blogger nasional.. kan hari blogger tgl 27 oktober, aku malah fokusnya sama hari sumpah pemuda 28 oktober .. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan memikirkan hal, yang gak pantas di pikirkan ;)

      Hapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.