Sabtu, 17 Januari 2015

[CERPEN THRILLER] SELAMAT ULANG TAHUN...



Namanya Raffi. Seorang Remaja berusia 15 Tahun. Saat ini, ia bersekolah di salah satu SMP di daerah Jakarta Selatan. Badannya gak gemuk, tapi gak cukup kurus juga sih. Kalo kata lagu Dangdut, Yang Sedang-Sedang saja. Meskipun dia masih SMP, tapi dia sudah memiliki pikiran dan kelakukan yang cukup Dewasa.

Bukan, bukan maksudnya Raffi selalu memikirkan hal-hal yang berbau Porno, atau dia sering ML bersama Wanita-wanita, lelaki, dan Kambing-kambing deket rumahnya. Tapi, yang dimaksud memikirkan Hal Dewasa, dia sudah memikirkan hal-hal yang berbau dengan masa depan. Dia juga tidak terlalu sering, bermain dengan kawan-kawannya. Bukan karena dia gak punya kawan, tapi hari-harinya, sehabis pulang sekolah, dia selalu diam didepan Labtopnya, dan mulai Menulis.

Sedari kecil, dia memang bercita-cita ingin menjadi seorang Penulis. Penulis apapun. Penulis Novel, Penulis Skenario Film, Penulis Kartu Undangan, sampai Penulis Surat Yasin. Selain itu, dia juga seorang Blogger, yang cukup terkenal di kalangan Dunia Pembloggingan. Menurut dia, Dunia tulis Menulis, adalah Dunia dimana tidak ada pemaksaan yang bisa memaksa orang Menulis. Bagi dia, Menulis adalah Perkerjaan yang tergantung dengan Mood. Jadi gak bisa main dipaksa-paksakan aja. Maka dari itu, dia ingin menjadi Seorang Penulis. Karena dia gak mau disuruh-suruh.

Selain itu, selama ini, saat dia lagi atau dapat masalah. Besar atau kecil, pasti dia lampiaskan dengan Menulis. Dan entah kenapa, setiap dia selesai Menulis, pikirannya langsung Plong, dan tenang. Seolah-olah, masalah yang sedang dihadapinya saat itu, bisa sudah langsung selesai, dari Menulis. Menulis adalah segalanya. Menurut Raffi.


Sampai suatu ketika, Raffi melihat seorang Wanita, di Akun FB salah satu temannya. Sebut aja, temannya itu bernama Jupri. Iya, soalnya, nama Jupri udah pantes, menggambarkan muka temannya yang kampungan.

Saat itu, Jupri sedang bermian dirumahnya Raffi. Memang, Jurpi memang sering bermian kerumahnya Raffi. Biasanya, mereka berdua Cuma santai-santai aja, di dalem kamarnya Raffi. Kadang-kadang pula, mereka berdua main PS, atau nonton Youtube bersmaan. Tapi kala itu, Raffi dan Jupri hanya santai-santai aja, sambil membuka FB-nya, dan membaca status para anak Alay, secara bersamaan.

Memang, saking kuatnya persahabatan diantara mereka. Mereka berdua, tidak pernah mengenal kata “Privasi” kalo sedang berduaan. Jupri kalo mau buka Akun Facebooknya, buka-buka aja didepan Raffi. Saat masukin Email dan Kata Sandi, masukin dan ketik aja, sesuka dia. Sebab, Jupri yakin, Raffi gak akan berbuat yang macem-macem, dengan FB-nya.

Suatu waktu, Jupri dan Raffi sedang membaca kumpulan Status di FB-nya Jupri, sambil tidur-tidur dikamarnya Raffi. Saat Jupri meng-scroll Status teman-temannya kebawah, gak sengaja Raffi melihat seorang teman wanitanya Jupri, yang abis mengirim Fotonya ke Album FB-nya. Raffi kagek, dia 

langsung memberhentikan jarinya Jupri.

“STOPP !!!” Teriak Raffi. Menyuruh Jupri memberhentikan segala Aktifitasnya.
Jari Jupri berhenti.
Raffi mengambil hape Jupri, dari tangannya Jupri. Kemudian, ia ngelus-ngelus foto Wanita itu, sambil sesekali, memberikan Statmen, dan pernyataan-pertanyaan sedikit gombal.
“Gila, nih cantik banget.” Kata Raffi, mengelus-ngelus foto Wanita itu. “Jup-Jup, siapa namanya Jup ?” Raffi bertanya kepada Jupri.
“Tuh temen kita bego. Nabilah.” Jawab Raffi, memberitahu nama Wanita itu.
“Nabilah ? Gue gak pernah denger tuh, mukanya aja gue baru liat.” Gumam Raffi, gak percaya kalo Nabilah adalah murid di sekolahnya juga.
“Dia sekelas ama gue, orangnya emang jarang keluar. Biasanya dikelas doang, kalo lagi Istirahat.” Ujar Jupri, menjelaskan keraguan Raffi.
“Ohh..” Raffi sepertinya mengerti. “Lo sekelas ama dia ?!”
“Ho-oh.” Jupri mennganguk apa adanya.
“Eh mintain nomernya dong, bilang, diminta ama Raffi.”
“Ogah ah. Gue juga suka ama dia.” Jupri tidak mau, membantu temannya.
“Yaelah, pelit ama lo, ama gue. Gue bayar deh.” Raffi gak kekeh. Seperti kata Agung Helcules. Gak Mau bantu, Duit melayang.
“Gak mau !!” Jupri juga tetep kekeh.
“Goceng, gue kasih goceng.” Raffi kembali menawarkan kepada Jupri.
“Gak.” Jupri Imannya masih kuat.
“Ceban ?” Raffi menawarkan makin tinggi.
“Kagak !!” Iman Jupri nampak sangat kuat.
“Oke terakhir, kalo gak mau gapapah. Gocap ?!”
“OKE DEALL !!” Jupri menjawab dengan mantap.

Raffi tersenyum puas.

Jujur, entah mengapa, saat pertama kali ngeliat wajah Nabilah di FB. Raffi langsung tergila-gila dengan Nabilah.

Nabilah memiliki wajah yang, ya, gak begitu cantiknya sih. Tapi, adem gitu, kalo diliat. Gak ngebosinin gitu, kalo dipandanag dan diliat berjam-jam. Kan, banyak, cewek yang seksi-seksi, yang bohay-bohay, yang kalo kita ngelatin, bisa mandi junub 3 Kali kitanya. Tapi, pas yang ke-4 kalinya kita ngelatin, kita udah bosen.

Nabilah kagak. Mau ngeliatin, dari Jokowi jadi Gubernur, sampa dia akhirnya jadi Presiden juga, gak bakal bosen-bosen. Apalagi, kata Jupri, Nabilah anaknya pendiem. Gak banyak tingkah, Istirahat, gak kemana-mana, dikelas aja. Sungguh, bener-bener Tipenya Raffi.

Tapi karena masih penasaran, disekolah, Raffi serimg jalan menuju kelasnya Jupri. Kalo udah sampe didepan kelasnya Jupri, pala Jupri akan dimajukan sedikit kedalem kelasnya Jupri. Itu semua dilakukan Raffi, untuk memastikan, apakah benar, yang namanya Nabilah, sekelas ama Jupri. Kalo emang bener, berarti Hebat si Jupri.

Dan ternyata benar. Kadang-kadang, baru mau nyampe di kelasnya Jupri. Raffi udah ngeliat bidadarinya, keluar kelasnya, dan berjalan kekelas temannya. Abis itu, mereka hanya ngobrol-ngobrol aja dikelas, sampai Bell masuk kembali berkumandang.

Raffi bener-bener gak tahan. Gak tahan buat ngedapetin Nabilah. Maklum, dia udah menJomblo hampir 2 Tahun lamanya. Mantan terakhirnya, adalah anak orang. Mereka putus, hubungan mereka yang terus menerus LDR. Makanya, bisa dibilang, sekarang Raffi sedang haus akan belaian seorang Wanita.

Singkat cerita, setelah pertemuannya tempo hari dengan Jupri. Kini, mereka berdua ketemuan lagi. Sama seperti sebelomnya, mereka berdua juga Cuma santai-santai aja dirumah Raffi. Tapi kala itu, Raffi mendapatkan kabar yang tidak enak dari Jupri.

Nabilah enggak mau, ngasih nomernya ke Raffi. Bukan, lebih tepatnya, dia gak mau ngasih nomernya ke Raffi, lewat perantarannya Jupri. Mungkin....

“Hah ? Dia gak mau ! Emang lo ngomonganya !?” Tanya Raffi, kaget, setelah mendapatkan kabar seperti itu.
“Gue Cuma bilang, kalo Raffi, anak kelas 8 F, minta nomer lo. Boleh minta nomer gak ? Gitu.” Jawab Jupri, apa adanya.
“Terus jawaban dia ?!”
“Dia jawab. “Ogah ah.” Gitu.”
Raffi tersungkur ke lantai lantai. Dia lupa, kalo dia abis jatohin piring, dan pecahan belingnya masih ada dibawah. Alhasil, dia berhasil dilarikan ke JMC. Abis 12 Jahitan diwajahnya.

Raffi cukup kecewa juga, saat mendengarkan kabar seperti itu dari Jupri. Sebab, baru kali ini, dia minta nomer cewek, tapi langsung ditolak mentah-mentah kaya gitu. Biasanya, dia kalo minta nomer cewek, langsung keceweknya. Dan, gak pernah langsung ditolak mentah-mentah kaya gitu. Palingan, di gampar dulu, terus ceweknya bilang. “Gak ngaca lo, Nyet ?!”. Abis itu, baru deh tuh cewek nolak mentah-mentah Raffi.

Ini semua, jauh dari memikirkan Raffi sebelomnya.
Tapi sebagai lelaki sejati, dia mencoba menerima semua Statmen dari Nabilah. Dia mencoba menjauh dan melupakan Nabilah dari hidupnya. Walaupun, kadang-kadang dia masih sering curi-curi pandang, kalo Nabilah jalan berpapasan dengan dia, atau gak sengaja, saat dia lagi beli Sempolan disekolahannya, si Nabilah ada disampingnya, lagi ngebeli Es.

1 Bulan kemudian, Raffi mendapatkan kabar, kalo Nabilah sudah Jadian dengan Iqbal, salah satu teman sekelasnya, waktu itu. Dia kembali terpukul dan cukup kecewa juga sih, saat mendapatkan kabar itu. Bukan karena Raffi gak ikhlas, dan gak terima, kalo Nabilah sudah memilki kekasih. Tapi, Raffi sedih, kenapa Cowoknya Nabilah harus Iqbal. Kenapa, bukan orang lain aja, selain Iqbal.
Raffi udah kenal banget, dengan kelakuan dan kebiasaannya Iqbal. Kebetulan, mereka berdua juga 
sekelas, waktu kelas delapan. Dan kebiasaan Iqbal, yang dia tau, antara lain. Sombong, padahal keluarganya biasa-biasa aja (miskin kagak, kaya juga kagak). Dia juga, orangnya lenjeh. Suka caper, alias Cari Perhatian. Sok Pinter, padahal Goblok. Dan sok ganteng, padahal, ya, lemayan ganteng juga sih tuh anak.

Kebiasaan yang paling Raffi sesalin dari Hubungan Nabilah dan Iqbal, adalah. Iqbal Playboy. Di kelasnya Raffi, itu banyak temen-temen ceweknya Raffi, yang jadi cewek murahan. Di pegang itunya, mau. Di gesek, intuhnya, mau. Di cipok, untuhnya mau. Semuanya mau. Mungkin, disuruh makan Tai kotok, mungkin dia juga mau.

Nah, si Iqbal juga sering, bermian dengan begituan. Entah itu megang-megang dada cewek-cewek, nabok-nabok pantat cewek-cewek, dan melakukan hal-hal, yang tidak pantas dilakukan oleh anak SMP pada Umumnya. Hal itulah, yang membuat Raffi sedih, saat dia tau, kalo Nabilah dan Iqbal Jadian (pacaran).

Raffi gak mau aja, cewek yang selama ini ia suka, di Khianatin dibelakang oleh cowoknya sendiri. Gak mungkin Raffi akan melawan, dengan tindakan Fisik kepada Iqbal. Tentu bukan karena Raffi pengecut, atau gak berani. Tapi, kawan-kawannya Iqbal yang dibelakangnya, yang membuat Iqbal seolah-olah mempunyai kekuatan sendiri. Coba gak ada kawan-kawannya, kasih aja Bunglon. Kabur dia.

Tapi puji tuhan, akhirnya 1 Bulan kemudian, dia mendapatkan kabar, kalo Nabilah sudah putus dengan Raffi. Masalah apa, Raffi enggak tau pasti. Tapi yang jelas, dari dia nanya sana nanya sini, keppo sana keppo sini, Raffi menemukan alasan utama, kenapa Nabilah putus dengan Iqbal.
Kejantanan. Bukan-bukan, bercanda-bercanda. Alasannya, karena Iqbal orangnya Egois, maunya 
menang sendiri. Dia juga selalu marah-marahain Nabilah, salah atau tidaknya Nabilah. Kalo Nabilah salah, Iqbal pasti bakal marah-marah dengannya. Tentu, biasa, ABG, masalahnya gak terlalu penting, dan serius. Kaya contohnya, Nabilah lupa ngabarain Iqbal. Nabilah lama bales BBM/SMS/Watsap-an Iqbal. Lagi makan, Minum, Main, Ngobrol, Boker, lupa di Pic oleh Nabilah, lalu Iqbal marah. Biasalah, masalah-masalah anak labil.

Selain itu, Nabilah juga sudah beberapa kali, nge-gep Iqbal lagi bermersaan (baca: mesum) oleh temen ceweknya di kelas (baca: kelas gue). Beberapa kali pula, gue juga ngeliat Nabilah jalan bersama temannya, berjalan kekelas gue, dan gak sengaja ngeliat Iqbal yang sedang meremas-remas buah dadanya, temen cewek gue, dengan sukacita. Iqbal panik ke-gep dengan Nabilah. Gue bahagia, Nabilah Nge-gep Iqbal.
Setelah putus dengan Iqbal, Raffi merasa nyaman aja jadi Sercet Admirer-nya Nabilah. Lebih nyaman aja gitu, daripada sebelom Nabilah jadi milik orang lain.

Hari demi hari berjalan begitu saja, tanpa dia bisa hentikan, atau mungkin, dia berhentikan sebentar, dan lalu menjalankan waktu kembali, seperti semula. 5 Bulan kemudian, Raffi dan Jupri naik kelas. Mereka berdua, naik kelas, kekelas 3. Ini adalah kelas terakhir, sebelom dia pergi dan melanjutkan Belajar di SMA. Kalo dia ngelanjutin sekolah. Kan kali aja, setelah Lulus SMP, Raffi tidak melanjutkan sekolah, untuk mengikuti Passion-nya, jadi tukang kuli angkut.

Jujur, setiap naik kelas, Raffi pasti perasaannya tegang, khawatir, dan takut. Orang mah, biasanya, kalo naik kelas seneng. Sebab, udah berhasil naik kelas. Paling enggak, kan gak tinggal kelas. Tapi menurut Raffi, semua itu gak dipikirkan. Dia takut aja, kalo seandainya di kelas barunya itu, banyak anak-anak bandel, banyak anak-anak iseng, dan banyak anak-anak yang lapar akan kasus disekolahan.

Raffi bukanlah Tipe cowok yang penakut. Dia mempunyai Prinsip “Takutlah kalo kita salah, dan lawanlah, jika kita benar.” Jadi, bukan masalahnya dia nanti takut dikerjain dan diisengin ama anak-anak kaya gitu. Yang ia takutin, adalah saat anak-anak itu, menganggu dia dalam proses belajar. Bisa ajakan, lagi mau Fokus belajar, diajakan nongkrong. Raffi bisa aja nolak, tapi takut, nanti gak Setia Kawan, dan gak bersolidaritas, sebagai Kawan.

Tapi, kali ini, dia sama sekali gak tegang, khawatir, dan takut, saat tau kalo dia naik kelas tiga. Itu semua, terjadi setelah dia tau, kalo dikelas tiga nanti, dia sekelas dengan Nabilah. Tentu, kabar ini, di kasih tau dengan sahabat baiknya. Jupri. Dan Jupri, menanggapi senang semua ini.
“Wah, yang bener nih, ama yang lo omongin ?!” Tanya Jupri, yang gak percaya, kalo sahabatnya itu bisa sekelas dengan Nabilah. Cewek yang ia suka sedari lama ini.
“Iye !! Gak boong gue. Kesamber gledek bareng gue mao !” Jawab Raffi, beringas.
Jupri menyodorkan tangannya. “Wah, kalo gitu, selamet bro !” Jupri mengucapkan selamat kepada Raffi.
Raffi mengambil tangan Jupri, dan mereka berdua saliman. “Makasih Bro.”
Hari-hari, dikelas tiga, dilewati oleh Raffi dengan sukacita. Entah jodoh atau kebetulan, Raffi didudukan disebelah Nabilah. Mimpi apa semalem, gumam Raffi, saat tau kalo dia bisa duduk berselahan dengan cewek yang ia suka selama ini.

Kadang-kadang, Raffi juga sering curi-curi pandang, ngeliat Nabilah. Jujur, Raffi paling demen, ketika Nabilah sedang mengernyitkan dahi, seperti sedang kebingungan tentang sesuatu. Entah itu, mungkin tentang pelajaran yang ia belom mengerti. Entah itu, tentang pernyataan temennya, yang ia belom mengerti. Yang jelas, ketika dia sedang mengernyitkan dahi, sambil tersenyum. Nabilah jauh lebih keliatan cantik, dari biasanya, menurut Raffi.

Suaktu waktu, Raffi sedang bengong sendirian. Biasa, masih awal masuk kelas 3. Jadi, belom ada temen deket. Tiba-tiba, Nabilah yang sedang duduk disebelahnya, langsung menengor Raffi.
“Raffi..” Panggil Nabilah, dengan suara khasnya. Kecil-kecil renyah.
“Uh ?” Raffi gugup. Kupingnya mulai keluar mimisan.
“Boleh, pinjem, buku, catatannya ?” Tanya Nabilah, santai.
“Bo-bol-boleh..” Jawab Raffi, masih gugup. Lalu memberikan buku catatannya kepada Nabilah.
Nabilah tersenyum, lalu mengambil buku catatan milik Raffi, dan memberikannya kepada sahabat deketnya. Lina. Ternyata, Nabilah meminjam buku catatannya Raffi, bukan untuk dirinya. Melainkan 
untuk sahabatnya, Lina, yang malu buat meminjam langsung kepada Raffi.
Tapi, baru kaya gitu aja, udah membuat malemnya Raffi gak bisa tidur, Selain karena dia masih membayangkan, saat-saat Nabilah memanggil namanya dengan lengkap. Dirumahnya Raffi juga banyak nyamuk.

Makin kesini, Raffi makin deket dengan Nabilah. Bukan, disini bukan maksudnya Nabilah makin deket dengan Raffi, mereka berdua jalan-jalan. Jalan-jalan kekebon binatang, lalu mojok, dan 1 Bulan kemudian, Nabilah mengandung benih antara dirinya dan Raffi. Tapi, maksudnya, Raffi makin santai dengan Nabilah. Kalo Nabilah memanggil namanya, Raffi akan menjawab dan menengok kearah Nabilah, dengan wajah yang biasa aja. Yang, gak, gugup amatan. Beda, ama waktu pertama kali, ia dipanggil dengan Nabilah.

Raffi ingin sekali, menyatakan cintanya kepada Nabilah. Tapi, gak tau kenapa, dia malu untuk bilang itu. Buat minta PIN BB, dan nomer teleponnya Nabilah aja, dia gak berani. Apalagi buat nyatain perasaan yang sesungguhnya kepada Nabilah. Yang jelas-jelas, itu sangat sakral. Mana mungkin berani.

Selain Malu. Alasan yang kedua, adalah karena dia gak PD dengan bentuk wajahnya yang kayar tapir sedang mengandung. Raffi takut aja, dengan wajahnya yang gak ganteng-ganteng amat, dia gak diterima oleh Nabilah. Ya, lebih tepatnya. Dia takut patah hatilah. Eh bukan-bukah, lebih tepatnya. Belom mau, untuk Patah Hati (lagi).

Tapi, memang, Raffi itu adalah anak yang penuh dengan duka. Baru 5 Bulan, dia deket dan kenal, dan mulai memenadam perasaan kembali dengan Nabilah. Akhirnya, dia mendapatkan sebuah kabar, kabar yang lagi-lagi menyakitkan.

Suatu hari, Raffi sedang jalan bareng dengan salah satu temannya. Ya, kita sebut aja, namanya Sunan. Sunan teman dekatnya Raffi juga, sedari Raffi kelas 7 sampai kelas 8. Dia juga, kebetulan satu kelas, tapi saat kelas tiga, dia berbeda kelas. Saat itu, mereka berdua sedang ngobrol-ngobrol santai.
“Fi, lo tau gak, tukang Ngeprint di daerah sinih ?!” Tanya Sunan, kepada Raffi.
“Print apaan ?!” Jawab Raffi, dengan sebuah pertanyaan juga.
“Print baju gitu. Gue mau Ngeprit tulisan. Tulisannya “Nabilah” gitu.” Seru Sunan, dengan percaya diri.
“Hah ? Nabilah ?”Raffi kagek, gak menyangka. “Engg.. Engg.. Uhh.. E.. Emang lo ada hubungan ama ama Nabilah ?!”
Sunan menjawab sembari nyengir. “Baru temen sih Fi. Tapi bentar lagi, gue bakal Nembak dia. Kayanya sih, Nabilah juga suka ama gue. Ya, do`ain aja, Fi.”
“Ho-oh.” Jawab Raffi, dengan senyum dibibirnya, tapi hancur dihatinya.

Bisa dibilang, sejak hari itu, Raffi berubah. Raffi sudah jarang, curi-curi pandang Nabilah dari kejauhan. Raffi juga mencoba, melupakan Nabilah dari hidupnya. Tapi entah mengapa, Raffi susah untuk melakukannya.

Sesakit-sakitnya Cinta yang tak terlabas, lebih sakit Cinta yang tidak diketahui.

Cerpen ini hanya fikif belaka, jika ada kesamaan
atau tokoh yang sama. Sumpah, ini hanya kebetulan.

***
PS : Maaf tulisannya masih berantakan. Soalnya ini gue Copy dari Mircosoft Word, dan gue Paste di Blog ini. Tapi kalo kalian suka, kapan-kapan bakal gue Share lagi Cerpen-cerpen karya gue disini.

3 komentar:

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.