Sabtu, 10 Januari 2015

Kode Etik Berkomentar

"Keren postingannya. Mampir juga, ya, kencingberdiriterus.blogspot.com"

"Nice post !"

"Penis anda kecil ? Saya bisa memperpanjag Penis anda sampai 2 Meter lebih, silakan hubungi nomer berikut."

Tulisan-tulisan diatas, adalah contoh-contoh komentar yang sering gue dapatkan. Ya gak sering juga sih, tapi pasti ada komentar-komentar kaya gitu. Kalo cuma kaya gitu, gue masih bisa ngertiin, mungkin dia keabiasan kata-kata, saking bagusnya tulisan dan artikel yang gue buat. Ada lagi yang sangat bikin gue kesel.

Tulisan yang gak jelas.

Ini contohnya
Ini orang, ngekomen di Postingan gue saat gue ngebahas Alasan kenapa orang malas sekolah setelah Liburan. Bagi kalian yang udah baca postingan itu, kalian ada baca, sesuatu pertanyaan gak, atau suatu statmen, yang akhirnya menibulkan, pertanyaan kaya begitu ? Sumpah, itu komen, sama sekali gak nyampung, ama isi postingan gue, saat itu. Itu baru contoh kecilnya aja, banyak sebenernya di Blog gue, yang isi komennya kaya begitu.

Kadang-kadang gue jadi nanya-nanya sendiri, kalo ngeliat komen gak nyampung kaya gitu. "Ini orang dari Abad keberapa sih ?" atau "Ini orang, apa alien sih ? Bahasanya gak jelas kaya gitu." Gue selalu menghargai setiap komen yang masuk kedalam Blog gue. Semua. Tapi kalian juga tolong hargai dong, gue pribadi, yang udah setia ngebaca komen-komen kalian. Bikin tulisan yang jelas, biar gue enak bacanya.

Nah, karena udah kekesalan dan gerah juga, masalah komen mengkomen ini. Akhirnya, gue pun membuat Kode Etik berkomentar. Gue harap, dengan kalian membaca postingan gue ini. Kalian jadi lebih "cerdas" berkomentar di Blog gue. DAN gak hanya di Blog gue doang. Blog orang lain pun. Berikut, Kode Etik Berkomentar. Cekidotdot.



1. Komentalah sesuai isi postingan

Yang pertama. Berkomentarlah, sesuati isi postingan. Maksudnya gimana ? kalo ada Blogger yang ngeposting tentang pengalaman pribadinya. Jangan kalian berkomentar "Nice Gan." "Hahah.. Kunjungin balik, ya Gan".

Usahakan, ada unsur tertentu, yang berkaitan dengan isi postingannya. Di tambahanin kaya gitu, gapapah. Asal, awalannya ada sesuatu, yang berkaitan dengan isi postingan si Blogger. Entah itu, bertanya sesuatu kepada Blogger, atau apapun itu, terserah kalian. Karena banyak, saking gak tau mau komen apa, tapi gak enak, udah baca tapi gak komen. Dianya jadi cuma komentar "Nice Gan." Mungkin si Blogger bakal seneng, karena udah di komen. Tapi puas, belom tentu.


2. Berkomentarlah, memakai Bahasa Indonesia

Ini sama nih, ama yang tadi gue bahas di awalan. Banyak yang sering ngekomen di Blog gue, tapi tulisannya susah di baca. Susah dibaca disini, bukan berarti tulisannya jelek, ya. Mana ada nulis di Komentar/Labtop, tulisan acak kadul. Yang dimaksud gak jelas dan susah dibaca disini, adalah tulisannya terlalu berbelit-belit, dan gak efektif. Jadi susah di baca. Seolah-olah biar keliatan pinter bahasa Indonesia, tapi aslinya jadi keliatan Goblok Bahasa Indonesianya.

Jadi tolong, kalo kalian berkomentar, itu pake bahasa yang jelas. Bahasa sehari-hari aja. Asal jeplak aja, yang penting bisa di baca, dan dibalas komentarnya. Ada, saking susah dibacanya, ketika semua komentar gue bales, cuma komentar doi aja yang gak gue bales. Abis, susah dibaca.


3. Yang sopan

Serem ya ?
Yang terakhir. Sopan. Ketika kita berkomentar, kita harus berkomentar yang sopan, kepada sang Blogger. Kalo kalian pernah belajar cara mengkritik saat belajar bahasa Indonesia. Pasti kalian tau, caranya berkritik yang benar, tanpa menyinggung perasan seseorang. Jadi buat kalian para Haters, Haters siapapun, kalo mau ngelejekin karya orang lain. Usahakan pake bahasa yang sopan. Jadi kaya contohnya :

"Ah tulisan kau ini, bagaikan tai Justin Bieber !" Jadi ada jeleknya, si Tai. Dan ada Bagusnya, Justin Bieber.

Dan jangan lupa. Jangan Spam. Tapi alhamdulilah, gue belom pernah dapet komentar yang mengandung Spam. Kecuali...

***
Okeh, mungkin itu aja, Kode Etik yang bisa gue simpulkan. Gue bikin postingan ini, bukan karena gue sombong, punya banyak pembaca. Tapi niatan gue baik. Gue cuma pengen, ngeliat pembaca gue cerdas-cerdas berkomentar. Gak asal nyeblak yang kagak-kagak. Asal Nyeblaknya, yang bagus-bagus dan sopan-sopan. Toh beberapa kali gue juga sempet khilaf. Pernah, gue ngekomen suatu postingan cuma "Ya begitulah". Nah makanya, sesama Manusia. Kita wajib saling mengingatkan. Begitulah, niatan gue buat postingan ini :)

Btw, bagi kalian yang gak setuju, dengan tulisan gue ini, atau mau menambahkan Kode Etik Berkomentar versi kalian sendiri. Ayok, jangan sungkan, untuk share-nya di komen box bawah. Dan ingat, berkomentarlah dengan baik, sopan, dan bahasanya dapat dibaca. Dan bagi kalian juga, yang mau ngebaca dan seneng dengan tulisan-tulisan gue. Jangan pernah sungkan juga, untuk Subscribe Blog ini. Dengan cara, Menuliskan Email kalian, di kolom Subscribe, di bawah kolom "Wanted" (Cuma bisa Subscribe lewat PC/Labtop). And, #SalamBloggeGanteng

Bye.

20 komentar:

  1. Ini bermanfaat,,, gue akan belajar berkomentar dengan baik :)

    BalasHapus
  2. Nice gan, haha. :D
    Enggak-enggak, gue gak komen gitu doang kok.
    Bener banget nih. Jujur, kalo komennya promosiin nomer togel itu bener-bener spam. Kalo spam, sebaiknya lo apus aja, bro. :)

    BalasHapus
  3. simple sih sebenernya mengatasi komentar sampah. hapus, selesai. atau bisa juga mengaktifkan "moderasi komentar". supaya bisa baca dulu apa komentar dari pembaca, kalau merasa pantes silakan ditampilkan. btw, point ketiga bener banget. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, kalo di apus, tetep aja, nama si Tukang Spam ada. Cuma isi komentarnya aja yang ilang. Tapi, makasih atas sarannya :)

      Hapus
  4. Gue juga gak suka sama yang cuman komen onliner gitu, kelihatan banget gak baca postingan gitu.

    biasanya mereka spammer-spammer yang cuman nyari backlink doang, prihatin gue, backlinknya gak berkualitas, dan google tak suka itu haha

    BalasHapus
  5. bagus :)
    bermanfaat ini gan..
    gan, ganteng :D

    BalasHapus
  6. segala sesuatu memang harus ada kode etik nya, PDKT ja ada kode etik nya :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Dan kalo ada yang melaranggar kode itu, pasti si cewekna bakal pergi. Yegak ? :) :V

      Hapus
  7. sebenarnya, aku cukup "lunak" untuk komen yang seperti di atas , yang hahahaha itu, memaklumi saja, mungkin dia butuh kunjungan balik ke blognya. Tapi, yang gak bisa dimaklumi ya itu pakai link hidup apalgi pakai nama produk atau blog yang begituan (money game n alat kesehatan pria) -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan alat kesehatan Pria... Tapi Alat perpanjang milik Pria :D

      Hapus
  8. Sering banget nih dapet komentar2 spam -_-

    BalasHapus
  9. Bener, tuh. Apalagi yang sering ninggalin link di kolom komentar. Itu mah bukan blogwalking namanya. Cuma niat nebar link doang. Nyari keuntungan gak jelas bener.

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.