Kamis, 18 Desember 2014

Berprestasi gak Harus di Sekolah !!

Gila, Aziz ganteng banget. AZIZ...AZIZ...AZIZ !!! AZIZ FOLLBACK GUE !!!!!
Yo Watsap. Ketemu lagi ama gue si Blogger Ganteng, Aziz Amin. Jadi gini, berawal dari kemarin, sahabat baik gue Lucky, ngasih tau gue, soal hasil Try Out kemarin hari senin, yang udah gue laksanakan bersama kawan-kawan.

"Ziz, Tadi gue ngeliat hasil Try Out kita, eh gue peringat 5. Sedangkan lo, peringat paling bawah." Bilang Lucky, dengan penuh suka cita.

Gue menjawab. "Oh." Padahal dalem hati. "Serius ? Yang bener ? Bodo amat !!"

Jujur, gue gak terlalu mementingankan masalah nilai di sekolah. Gue mau dapet 0 kek, mau dapet 1 Kek, selama itu gak menganggu hidup gue, gue sih bodo amat. Gue gak pernah komplain kalo seandainya gue mendapatkan nilai 0. Menurut gue, guru itu gak pernah salah. Kalo seandainya dia menilai kita dengan nilai yang jelek, berarti emang apa yang kita perbuat itu jelek. Ya meskipun ada sih, guru yang masih pilih kasih.


Gue pernah dapet nilai bagus, tanpa hasil nyontek, tapi gue gak terlalu bahagia dan seneng banget. Menurut gue, mendapatkan nilai bagus, enggak menjamin ahlak kita juga bagus nantinya. Buktinya, banyak kok penjabat-penjabat yang berpendidikan, tapi kelakukannya kaya bukan orang yang berpendidikan. Nendang meja sampai jatuh saat rapat, Korupsi, sampai naikin harga BBM. Eh, itu sih bukan masalah pendidikan. Itu beda lagi kasusnya.

Gue lebih bangga menjadi orang Goblok, yang gak bisa Matematika, yang tolol di pelajaran Fisika. Tapi gue rajin beramal, Rajin Beribadah, Rajin berdo`a kepada tuhan. Gak pernah jadi beban orang lain, selalu membantu sesama manusia, dan berbakti kepada Orangua.

Percuma Pinter di sekolahan, selalu mendapat juara, selalu di puji-puji dan dibela oleh Guru. Tapi sombong, gak mau bertemen dengan kawan-kawan yang lain, yang jauh lebih bego dari dia. Gak ada Gunanya.

Banyak yang ngomong, kalo mau berprestasi itu di Sekolah. Karena kalo di sekolah, bakat yang kita punya bisa langsung diliat, dan bisa langsung mendapatkan nilai Plus. Menurut gue enggak juga.

Sekarang gini. Apa Gunanya mendapatkan nilai Plus ? Apa karena dengan mendapatkan Nilai Plus, kita udah pasti bakal menjadi Presiden ? Apa kita udah pasti terbebas dari Ujian Nasional ? Enggak kan. Sama aja. Nilai gak selamanya berharga di sekolah. Buktinya banyak orang cupu, tapi pinter-pinter. Hasilnya apa ? Dia sering di Bully, di palakin, dan di Aniaya. Itu Artinya, gak semuanya Nilai berharga di sekolah.

Sekolah zaman gue, beda dengan sekolah zaman Bokap dan Nyokap gue. Kalo Zaman Nyokap dan Bokap gue, yang di pentingin adalah Otak, otak dan otak. Gak lebih dari itu. Tapi kalo di Zaman sekarang, yang di pentingin adalah, Otak, otak, dan kepopuleran.

Zaman sekarang, Pinter gak menjamin kalian bisa aman di sekolahan. Buktinya banyak, orang-orang bego dan tolol. Tapi karena dia populer, dia bisa jadi Anggota Osis. Tunggu, disini gue bukannya syirik, ya. Dan sok tau. Gue cuma ngomong apa adanya aja.

Apalagi kalo udah pinter, dan populer. Wah, udah uncang-uncang kaki aja dia di sekolahan. Tapi inget, biasanya orang yang populer di SEKOLAHAN. Akan menjadi anak buah dari orang yang gak Populer di sekolahan dulunya. Soalnya mereka udah asyik terkenal di sekolahan, dan males ngapa-ngapain.

Tunggu... kok gue jadi kemari-mari sih ngomongnya.
Kembali ketopik.

Jujur, di sekolah, dari SD sampe sekarang SMP, gue sama sekali gak punya Prestasi di sekolahan. Gue gak pernah menang lomba, gue gak pinter dalam segala hal pelajaran. Hanya seberapa saja. Tapi jujur juga, gue gak mentingin itu. Berprestasi di sekolah menurut gue cuma ngerugiin doang. Contohnya gini. Saat SMP lo sangat berprestasi, semua lomba lo menangin. Semua pelajaran lo taklukin. Tapi, hanya 3 Tahun lo bisa ngerasain tu. Abis itu, lo bakal pindah ke SMA. Terus gimana Prestasi lo selama di SMP ? Ya udah gitu aja. Palingan cuma jadi bahan motivasi, kalo guru killer lagi ngomel. Makin lama, Prestasi lo bakal ilang kemakan waktu.

Tapi gimana kalo lo Berprestasi diluar sekolah. Apa Prestasi lo bakal ilang kemakan waktu juga ? Kagak. Prestasi lo gak bakal ilang, bahkan saat lo mati. Kenapa ? Karena penduduk Di Bumi ini gak dikit. Banyak. Dan semakin banyak orang di Bumi ini, semakin banyak orang yang menikmati Karya-karya lo, hasil dari Prestasi lo. Bahkan kalo seandainya ada yang punya anak, nanti anaknya di kasih tau karya-karya lo. Lo bakal terkenal bro, sebagai orang yang mempunyai banyak Prestasi.

Beda lagi kalo lo punya Pretasi di sekolahan. Gak semua orang bakal sekolah di sekolahan lo kan ? Emang sekolah di Indonesia cuma atu doang. Banyak kali.

Intinya sih, gue cuma ngasih tau ama lo. Kalo Berprestasi gak hanya bisa dilakuin di sekolah, tapi di luar sekolah juga bisa. Dan itu juga yang sedang gue lakukan. Gue emang gak pernah Berprestasi di sekolah, dan emang bukan itu tujuan gue sekolah. Gue sekolah cuma buat nyari ilmu. Dan kalo orang lagi nyari, belom tentu ketemu kan.

Gue lebih seneng Berprestasi diluar sekolah. Kaya sekarang nih. Gue Ngeblog, nulis buku, dan lain-lain. Terserah, mau guru gue ngedukung kek, enggak kek, bodo amat. Toh gue gak dilahirin dari lahim mereka. Mereka hanya menjadi Orangtua kedua gue, dan tugasnya mengajarkan kita. Mana yang baik, dan mana yang buruk.

Dan lagi, mendingan Berpretasi di luar kali. Hasilnya bisa dapet uang. Kalo di sekolah, paling cuma dapet Nilai. Emang kita bisa makan cuma pake Nilai ?

Berprestasi boleh dimana saja. Asalkan Perstasi itu baik, dan bermanfaat buat orang banyak.

Bye.

14 komentar:

  1. Yup, gue sependapat. Karna sepinter-pinternya murid di sekolah, sepaham & sehapal apapun banyaknya rumus yang udah nempel di kepalanya, nggak menjamin hidup bahagia di masa depan. Tergantung gimana dia memanfaatkan kecerdasannya tersebut. Kalau males, main-main, ya siap-siap aja jadi pengangguran. Sekolahnya berarti sia-sia. Rugi.

    BalasHapus
  2. bener juga sih. pinter mah gak ngejamin sukses, kerja keras baru ngejamin.

    BalasHapus
  3. setuju. berprestasi itu nggak harus disekolah. karena sekolah nggak menjamin keberhasilan kita nanti. bukti nya: steve jobs sama top ittipad. putus sekolah tapi jadi miliader

    BalasHapus
  4. Emang sih, berprestasi nggak harus disekolah doang, tapi didunia luar masih banyak ilmu yang kita dapetin :)

    BalasHapus
  5. Gue setuju sih, kalau berprestasi bisa dimana aja, tapi gue ngerasa kesindir dah, kayaknya prestasi di sekolah itu gak penting banget gitu :3
    Apalagi sama kata-kata "Kalo di sekolah, paling cuma dapet Nilai." nah ini jleb baget, padahal gak semua bisa kayak lu, prestasi di luar dan semacamnya, dan orang yang gak bisa kayak lu itu prestasinya di sekolah, mereka bisa menghafal rumus segala macam, itulah kelebihan mereka, dan yang mereka cari bukan cuma sekedar nilai, yang mereka cari sama yang kayak lu cari pas berprestasi di luar

    BalasHapus
  6. Apaan sih ? Kalo komen tulisannya agak jelas lah bro :D

    BalasHapus
  7. Kalo di sekolah gue, orang pinter kayak udah dapet kelonggaran sendiri gitu. Contohnya aja waktu itu sempet temen gue yg pinter ini telat dateng upacara, bareng sm temen yg naka nakal. Tapi temen gue ini gak dihukum sama sekali. Sedangkan yg nakal itu dapet hukuman. Hft -_-

    BalasHapus
  8. Itu namanya, Gurunya Taik !!

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.