Selasa, 16 Desember 2014

[REVIEW] Buku Ngeri-Ngeri Sedap

Ngeri-Ngeri Sedap
Penulis : Bene Rajagukguk
Editor : Syafial Rustama
Proofreader : Funny D.R. W
Layout : Irene Yunita
Desain Sampul : Gita Mariana
Ilustrasi isi : Fauzi Zulfikar
Penerbit : Bukune

***

Ngeri-Ngeri Sedap adalah Buku perdana buatan Bene Dion Rajagukguk. Buat yang belom tau, Bene itu adalah salah satu Finalis dari Stand Up Komedi Indonesia Kompas TV (SUCI). Dan Novel Ngeri-Ngeri Sedap adalah deput pertamannya, menjadi seorang Penulis Buku.

Awalnya pas gue liat covernya, kayanya ini buku bakal biasa-biasa aja. Maksud biasa disini, ya klise lah. Sama kaya buku personal-personal lainnya. Tapi pas gue baca, ternyata sangat beda. Dari cara penulisannya, sampai bahasa yang digunakan, sangat jauh beda dari buku Personal lainnya. Tema dari buku ini juga bisa dibilang cukup unik dan berbeda.

Di buku ini, gak ada istilah atau bahasa "Gue Elo." Yang ada "Aku dan Kau". Pas baca buku ini, gue kaya ada langsung di batak. Bener-bener di Batak. Bahasanya juga bener-bener Batak. Buku ini bener-bener beda dari buku-buku lainnya. Sama seperti buku bang Fico, buku ini ceritanya juga kaya ada alurnya. Berjalan lurus. Gak maju mundur cantik. Keren deh bukunya.

Di buku setebal 206 ini, mengisahkan berbakai pengalamannya Bang Bene. Tapi ya itu, secara alur. Berjalan, dari cerita sebelumnya nyambung kecerita selanjutnya. Yang membuat beda dari buku personal lainnya, dari segi cerita. Disini sama sekali gak ada kisah Percintaan. Gue gak tau kenapa, ya. Apa mungkin emang karena bang Bene belom pernah pacaran. Engg.. atau emang dia sengaja biar bukunya beda dari buku murahan diluar sana.

Hampir seluruh cerita di buku ini, mengenail Batak dan keluarganya. Cerita soal Mamaknya yang super pelit dan irit. Cerita soal Bapaknya yang sangat galak, dan selalu berhemat kalo lagi ngomong.  Tapi sih menurut gue yang menambah kelucuan karena adalah karakter Mamak. Gue juga bingung, Bang Bene kok berani banget ya nyeritain kelejekan Mamaknya. Enggak takut Durhaka Kau Bang ?

Apa lagi, ya. Gue jadi bingung mau nulis apa. Pokoknya nih buku keren, bagus, cakep, lucu, dan top. Ya gue berharap bang Bene bikin buku lagi sih. Gue keasyikan baca bukunya bang Bene. Untuk terakhir, JANGAN LUPA BELI BUKU NGERI-NGERI SEDAP DI TOKO-TOKO BUKU KESAYANGAN ANDA :)

Bye.

2 komentar:

  1. Jadi pengen baca bukunya :)

    Salam blogger dari sugihfenny.blogspot.com

    BalasHapus

Menurut mitos. Setiap orang yang hanya ngebaca dan gak ngekomen setiap postingan di blog ini. Pasti bakal ngerasain apa itu yang namanya JOMBLO. Bagi orang yang udah punya pasangan, pasti bakal langsung putus. Tapi bagi yang emang udah jadi JOMBLO, pasti bakal langsung bermetaforsa menjadi JOMBLO NGENEST.

Makanya, dari pada kutukan itu terjadi pada kalian. Beri komen gih.